Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Minta Regulasi Pembatasan Pemain Naturalisasi Dikaji Ulang

Bola.com, Jakarta - PSSI sudah membuat berbagai rencana regulasi untuk kompetisi musim depan. Salah satu yang jadi perbincangan adalah pembatasan pemain naturalisasi.

Dalam regulasi terbaru, setiap klub BRI Liga 1 hanya boleh mengontrak dua pemain naturalisasi. Beberapa pemain naturalisasi yang pernah membela Timnas Indonesia merasa ada diskriminasi dalam regulasi tersebut.

Persib Bandung misalnya, ada Ezra Walian, Victor Igbonefo dan Marc Klok. Madura United bahkan memiliki empat pemain naturalisasi. Yakni Esteban Vizcarra, Lee Yu-jun, Beto Goncaves dan Otavio Dutra.

Mereka ramai-ramai menyuarakan keluh kesahnya di media sosial. Banyak dari mereka yang merasa dianaktirikan, padahal sama-sama Warga Negara Indonesia (WNI).

 

2 dari 4 halaman

Tidak Perlu Dikhawatirkan

Pelatih Arema FC, I Putu Gede, punya pendapat yang berbeda tentang regulasi ini. Meskipun Arema FC tak punya pemain naturaliasi, dia merasa rencana regulasi ini perlu dikaji ulang.

"Kami paham tujuan membatasi klub mengontrak pemain naturalisasi. Agar kekuatan tim merata. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika satu tim menumpuk pemain naturalisasi."

"Lihat PSM, sepertinya tidak punya pemain naturalisasi. Tapi mereka bisa di puncak klasemen. Persija juga tidak punya, kini ada di papan atas," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Jangan Ada Diskriminasi

Pelatih 49 tahun ini khawatir regulasi itu justru membuat gejolak. Dia khawatir ini jadi sebuah masalah diskriminasi. “Mereka juga sudah menjadi Warga Negara Indonesia. Kalau menurut saya, jangan ada diskriminasi. Jadi, tentang naturalisasi perlu dikaji ulang,” imbuhnya.

Beberapa pemain naturalisasi seperti Victor Igbonefo, Marc Klok dan lainnya sempat mengutarakan isi hatinya di media sosial. Regulasi itu membuat mereka tidak sepenuhnya jadi WNI. Karena masih ada perbedaan perlakuan.

"Naturalisasi sama dengan lokal. Kualitas mereka juga sama. Kami pikir, dengan 5 pemain asing saja, pemain lokal nanti otomatis meningkat. Dengan catatan pemain asing yang datang kualitasnya harus benar-benar bagus," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Arema FC saat Ini

Video Populer

Foto Populer