Sukses


Persebaya Ditekuk Barito Putera, Aji Santoso: Kami Dihukum Kesalahan Sendiri

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya masih belum keluar dari periode buruk di BRI Liga 1 2022/2023. Kali ini, mereka kalah 1-2 saat melawat ke markas Barito Putera dalam pekan ke-29 di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kamis (9/3/2023).

Dua gol Barito Putera dicetak oleh Yuswanto Aditya (33’) dan Renan Alves (80’). Sedangkan satu gol balasan Persebaya tercipta lewat aksi Ahmad Nufiandani (53’).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sangat kecewa dengan hasil yang didapat oleh timnya ini. Dia merasa kekalahan ini lahir karena buah kesalahan para pemainnya sendiri.

Gol pertama Barito Putera misalnya. Itu berawal dari sepak pojok yang kemudian coba disapu oleh Rizky Ridho. Sial, bola mengenai Bayu Pradana yang mengarah ke Yuswanto hingga akhirnya tercipta gol.

“Ridho melakukan kesalahan yang fatal karena melakukan sapuan tidak tepat sehingga kena pemain Barito. Bola memantul tetapi pemain yang melakukan sundulan posisinya di belakang Ridho,” ungkap Aji Santoso setelah laga.

 

2 dari 5 halaman

Seharusnya Renan Alves Dikawal Ketat

Lalu gol kedua juga dianggap Aji akibat kurangnya penjagaan terhadap pemain lawan. Dia sudah menekankan kepada para pemainnya untuk menjaga Renan Alves yang jadi kunci permainan Barito Putera.

“Saya sudah ingatkan soal Renan Alves di latihan sebelum pertandingan bahkan sampai tadi. Tapi tidak tahu, pemain kami lupa atau bagaimana. Renan memiliki kemampuan tendangan bebas yang bagus akhirnya dia bisa cetak gol,” ujar Aji Santoso.

“Menurut saya, semua gol lawan lahir karena kesalahan kami sendiri dan akhirnya kami dihukum dengan kekalahan ini,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Tren Buruk Berlanjut

Wajar saja jika Aji Santoso merasa geram dengan kekalahan ini. Berbagai kondisi juga membuat Persebaya diunggulkan. Satu di antaranya adalah posisi klasemen, jauh di atas Barito Putera yang ada di peringkat ke-17.

Tim tuan rumah juga tidak bisa memainkan tiga pemain karena larangan bertanding, yakni Mike Ott, Gustavo Tocantins, dan Muhammad Firly.

Situasi itu lantas membuat Persebaya lebih berani bermain terbuka. Persebaya juga mampu mendominasi permainan dan aktif melakukan serangan.

Sayangnya, kekalahan ini memperpanjang hasil buruk Persebaya yang sudah melewati empat laga terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya adalah satu seri dan tiga kalah.

 

4 dari 5 halaman

Tak Mau Larut dalam Penyesalan

Bek Persebaya, Alta Ballah, tidak ingin larut dalam kesedihan dengan hasil negatif ini. Berikutnya, Bajul Ijo dijadwalkan menjamu Persib Bandung dalam pekan ke-30, Senin (13/3/2023) mendatang.

“Selamat untuk Barito yang sudah menang. Kami tadi sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan poin, tapi hasil belum berpihak pada kami. Mungkin ada evaluasi dari pelatih untuk pertandingan selanjutnya hadapi Persib,” ucapnya.

Hasil ini tetap membuat Persebaya menduduki peringkat kedelapan klasemen sementara dengan 38 angka. Mereka sudah melewati 26 pertandingan dan meraih 11 menang, lima seri, serta 10 kekalahan.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya saat Ini

Video Populer

Foto Populer