Sukses


3 Fakta Menarik Setelah Borneo FC Taklukkan Persija di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Langkah Persija untuk memperbaiki posisi di klasemen BRI Liga 1 menemui ganjalan. Karena tim berjulukan Macan Kemayoran ini takluk 1-3 dari Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (08/03/2023).

Padahal, Persija punya momen naik ke posisi runner up jika meraih tiga poin di laga ini. Sebab, Persib Bandung menelan kekalahan 0-2 dari Persik Kediri beberapa jam sebelumnya.

Selain itu, Persija juga gagal memangkas jarak dengan pemuncak klasemen sementara PSM Makassar. Kini Persija tetap berada di posisi ketiga dan berjarak 11 poin dengan PSM.

Cukup jauh memang. Karena PSM tampil lebih konsisten dibanding Persija dan para pesaingnya.

 

 

2 dari 6 halaman

Persija Main Terbuka

Dalam laga lawan Borneo FC, Persija sejatinya bermain terbuka. Artinya mereka ingin memburu kemenangan. Sayangnya, baru di babak kedua mereka mulai bisa membongkar pertahanan tuan rumah.

Macan Kemayoran sempat kesulitan menembus pertahanan Borneo. Apalagi mereka tak bisa membawa skuat lengkap.

Tiga pemain asing tak bisa dibawa karena sakit dan cedea. Yakni Abdulla Yusuf, Michael Krmencik, dan Hanno Behrens. Jadi tinggal Ondrej Kudela yang turun sebagai starter.

Sementara Borneo turun dengan skuat yang lebih komplit. Hanya gelandang Kei Hirose yang tidak turun. Sisanya, mayoritas pemain utama.

Tapi dari segi permainan, kedua tim bisa dibilang berimbang. Hanya saja Borneo lebih bisa memanfaatkan momentum dan punya serangan yang lebih tajam.

Dengan kekalahan Persija di kandang Borneo FC, Bola.com menemukan 3 fakta menarik.

 

 

3 dari 6 halaman

1. Dua Laga Tanpa Kemenangan Persija

Sebagai tim yang sedang bersaing menjadi juara, dua laga tanpa kemenangan tentu jadi persoalan serius. Apalagi sudah mendekati akhir musim. Ini yang sedang dialami Persija.

Sebelumnya, mereka bermain tanpa gol melawan Madura United dan kini justru dihajar Borneo FC 1-3. Kondisi ini membuat Persija kesulitan bersaing dengan pimpinan klasemen PSM Makassar.

Mereka masih terpaut 11 poin. Sangat jauh. Tidak konsistennya performa Persija bisa jadi karena mereka kehilangan sejumlah pemain penting.

Seperti tiga pemain asing yang sakit dan cedera. Abdulla Yusuf, Michael Krmencik, dan Hanno Behrens. Selain itu, ada beberapa nama yang bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Seperti Frengky Misa, Dony Tri Pamungkas, M Ferrari dan Cahya Supriyadi.

 

4 dari 6 halaman

2. Gol Pertama Osvaldo Haay

Persija sempat menyamakan kedudukan di laga ini. Lewat sontekan pemain pengganti Osvaldo Haay. Namun setelah 1-1, Persija justru kecolongan dua gol Borneo FC di sisa pertandingan.

Ternyata, gol yang diciptakan Osvaldo merupakan gol pertamanya musim ini. Padahal pemain asal Papua tersebut sempat jadi penyerang muda papan atas di Indonesia.

Musim ini, namanya tenggelam lantaran kerap diganggu cedera. Sehingga dia kalah bersaing dengan barisan pemain muda lain di Persija.

Musim ini, Osvaldo baru tampil dalam 9 pertandingan. Itupun semua dia masuk sebagai pengganti. Jauh menurun jika dibandingkan musim lalu.

Di mana pemain 24 tahun ini masin 21 kali sebagai starter dan hanya 5 kali sebagai pengganti.

 

 

5 dari 6 halaman

3. Borneo Masuk 4 Besar

Kemenangan 3-1 ini membuat Borneo masuk 4 besar. Kini tim berjulu Pesut Etam tersebut menempati posisi empat dengan 47 poin.

Nilai yang sama dengan Bali United. Ini jadi modal bagus untuk Borneo FC menatap laga-laga selanjutnya. Karena menekuk salah satu favorit juara tentu membuat kepercayaan diri Diego Michiels dkk lebih baik.

Sebelumnya, Borneo juga menang dari salah satu tim papan atas lain, Madura United. Hanya saja tinggal bagaimana Pesut Etam menjaga konsistensinya.

Karena selama ini mereka justru terpeleset saat menghadapi tim yang posisinya dibawahnya.

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer