Sukses


Duel Rahmad Darmawan VS Aji Santoso saat Barito Putera Hadapi Persebaya di BRI Liga 1: Adu Strategi Guru dan Murid

Bola.com, Banjarbaru - Pertemuan antara Barito Putera melawan Persebaya Surabaya bukan hanya menjadi panggung adu kekuatan para pemain. Duel pekan ke-29 BRI Liga 1 2022/2023 bakal tersaji di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kamis (9/3/2023), juga jadi ajang adu taktik dan strategi dari kedua pelatih.

Rahmad Darmawan akan menemani Barito Putera, sedangkan pihak Persebaya di bawah arahan Aji Santoso. Kebetulan, dua pelatih ini pernah bekerja sama dalam sebuah tim.

RD, sapaan Rahmad, dan Aji menjadi bagian dari tim kepelatihan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2013 Myanmar. Saat itu, RD adalah pelatih kepala dan Aji bertindak sebagai asisten pelatih.

Kini, mereka akan beradu strategi dan taktik untuk membawa tim masing-masing menenangkan pertandingan di BRI Liga 1 2022/2023. Keduanya sudah dalam beberapa tahun terakhir sama-sama menjadi pelatih kepala dan kerap bertemu.

Secara usia, keduanya terpaut beberapa tahun. Aji yang kini berusia 52 tahun lebih muda empat tahun dari RD. Namun, keduanya sudah sama-sama mengantongi lisensi AFC Pro yang mereka dapatkan pada 2019.

2 dari 5 halaman

RD Andalkan Pemain yang Ada

Rahmad Darmawan baru mulai menangani Barito Putera pada pertengahan BRI Liga 1 musim ini, tepatnya sejak 11 Februari 2023. Sebelumnya, RD menangani RANS Nusantara yang akhirnya mengakhiri kerja sama.

Menariknya, RD pertama kali menemani Barito Putera dengan mengalahkan RANS Nusantara pada 14 Februari 2023 lalu. Laskar Antasari bahkan berhasil menang 4-1 dalam pertandingan tersebut.

Urusan komposisi pemain sebenarnya tak banyak bisa dilakukan oleh RD mengingat dia datang ke Barito Putera saat bursa transfer telah ditutup. Alhasil, tak ada pemain baru yang bisa direkrutnya.

RD mampu memanfaatkan para pemain yang ada. Sejauh ini, dia baru membawa Barito Putera dua kali menang dalam lima pertandingan, tiga sisanya berakhir dengan kekalahan.

Sosok pelatih satu ini memang punya jasa buat Barito Putera. Musim lalu, dia sempat membawa RANS Nusantara, saat masih bernama RANS Cilegon, meraih runner-up Liga 2 2021 sekaligus tiket promosi ke Liga 1 musim ini.

Saat Liga 2 2021 rampung, Liga 1 2021/2022 masih memainkan putaran kedua. RD lantas direkrut Barito Putera yang terancam degradasi. Beruntung, dia menyelamatkan Laskar Antasari dengan menduduki peringkat ke-15 klasemen akhir.

 

3 dari 5 halaman

Aji Santoso, Pelatih Terbaik Musim Lalu

Sedangkan Aji Santoso termasuk pelatih lokal yang tak kalah bertaji. Musim lalu, dia meraih titel pelatih terbaik BRI Liga 1 2021/2022. Padahal, Persebaya hanya menghuni posisi kelima klasemen akhir.

Apa yang dicapai oleh Aji juga tak boleh dipandang sebelah mata. Sejak musim lalu, dia konsisten mengandalkan para pemain muda. Hasil polesannya pun membuat Persebaya bisa bersaing di papan tengah menuju papan atas.

Barito Putera kini menduduki peringkat ke-17 dalam klasemen sementara dengan 25 poin hasil enam kemenangan, tujuh hasil imbang, dan 14 kali kalah dalam 27 pertandingan.

Sedangkan Persebaya kini menghuni peringkat kedelapan klasemen sementara dengan 38 angka hasil dari 11 kemenangan, lima hasil imbang, dan sembilan kali kalah dalam 25 pertandingan.

Kedua pelatih ini bisa dibilang termasuk sosok senior di Indonesia. Mereka sama-sama kaya pengalaman dan variasi serangan saat menangani tim. Satu yang cukup kentara adalah kekuatan sisi sayap yang selama ini menjadi andalan.

4 dari 5 halaman

Jadwal Barito Putera Vs Persebaya

Barito Putera vs Persebaya Surabaya

Stadion: Demang Lehman, Banjarbaru

Kamis, 9 Maret 2023

Kick-off: 15.00 WIB

Live: Indosiar

Streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer