Sukses


Saat Persebaya Vs Persib, Erick Thohir Tinjau Stadion GBT untuk Persiapan Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Surabaya - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang dalam safari mengunjungi beberapa stadion yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dia dijadwalkan akan meninjau Stadion Gelora Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/3/2023) pagi.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyebut, hasil asesmen Gelora Bung Tomo (GBT) tinggi. Kedatangan Erick Thohir membuat Pemkot Surabaya segera memastikan kebutuhan untuk menyambut agenda akbar yang akan digelar Mei-Juni 2023 itu.

“Pak Menpora akan datang, Pak Erick sebagai ketua PSSI juga mengecek. Hasil asesmen (GBT) itu yang tertinggi di antara semua yang ada, tetapi dari semua itu ada kekurangannya. Jadi harus dilengkapi dan diselesaikan sebelum Piala Dunia. Beliau mengecek,” kata Eri.

Stadion GBT memiliki banyak fasilitas penunjang demi memenuhi standar FIFA. Itu dimulai dari rumput lapangan, kondisi ruang ganti, komplek lapangan latihan, hingga akses menuju lokasi stadion.

Eri merasa stadion berkapasitas sekitar 45 ribu penonton itu sudah memenuhi standar internasional. Sehingga, jika GBT dipakai untuk Piala Dunia U-20 atau tidak, pihaknya tetap sudah siap untuk standar internasional.

2 dari 5 halaman

Sudah Maksimal

Di sisi lain, Erick Thohir sempat menyebut bakal ada yang stadion yang dicoret dari total enam yang disiapkan jika tidak diperbaiki untuk Piala Dunia U-20 2023. Eri Cahyadi tidak keberatan jika GBT jadi stadion yang dicoret itu.

“Kalau ternyata kami kurang memenuhi standar FIFA, ya sudah. Tetapi sebagai Wali Kota Surabaya sudah bangga, karena sudah masuk ke dalam enam yang distandarkan. Warga dan pemkot sudah berjuang agar lapangan sesuai standar FIFA dan itu memang tidak mudah,” ucapnya.

3 dari 5 halaman

Renovasi Skala Minor

Sementara itu, pengerjaan tahap renovasi Stadion GBT dilakukan oleh Kementerian PUPR dan Pemkot Surabaya. Pemkot melakukan proses renovasi dalam skala minor untuk finishing dalam waktu yang tersisa.

“Jalur disabilitas, tempat wartawan, parkir. Semuanya sudah dikerjakan, pagar sudah tertutup semuanya. Kalau kami minor untuk yang di stadion,” ujarnya.

4 dari 5 halaman

Jelang Laga Persebaya Vs Persib

Kebetulan, di hari yang sama dengan kunjungan Erick Thohir besok, Persebaya Surabaya akan menjamu Persib Bandung. Tapi, duel pekan ke-30 BRI Liga 1 2022/2023 itu tidak digelar di Stadion GBT.

Pertandingan antara Persebaya melawan Persib bakal berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/3/2023) sore, atau berjarak hanya sekitar tujuh kilometer dari Stadion GBT.

Erick Thohir kemungkinan tidak akan menyaksikan pertandingan akbar yang menyedot perhatian kelompok suporter dari kedua tim itu. Sebab, dia dijadwalkan langsung bertolak ke Jakarta pada Senin sore.

5 dari 5 halaman

Sempat Terancam Terusir

Di sisi lain, duel Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung ini tetap bisa digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/3/2023). Bahkan, Persebaya mengantongi izin dengan dihadiri penonton.

“Saksikan Persebaya Day di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik dalam matchday ke-30 BRI LIGA 1 2022-2023 antara Persebaya Surabaya vs Persib Bandung,” demikian informasi yang termaktub dalam sebuah unggahan di akun instagram Persebaya.

Video Populer

Foto Populer