Sukses


Gugatan Marko Simic Dikabulkan FIFA, Persija Wajib Bayar Rp7 Miliar!

Bola.com, Jakarta - Masih ingat dengan gugatan yang dilayangkan Marko Simic kepada Persija Jakarta beberapa tahun lalu? Kini gugatan itu sudah memasuki babak baru. FIFA menyetujui gugatan dari Marko Simic tersebut. 

Dalam rilis dari FIFA yang diterima Bola.com, Persija Jakarta memiliki kewajiban membayar tunggakan gaji Marko Simic pada Mei 2020-April 2022.

Dalam rilis sepanjang 23 halaman tersebut, FIFA menjelaskan bahwa tunggakan gaji Simic yang harus dibayar Persija mencapai Rp7 Miliar.

Nominal tersebut memang cukup besar. Sebab, nominal itu tak hanya mengenai gaji saja. Namun, ada bonus dan bunga dengan besaran lima persen yang wajib dibayar kubu Macan Kemayoran ke kepada pemain asal Kroasia itu.

Persija Jakarta memiliki waktu selama 45 hari untuk melunasi gaji Marko Simic. Jika tidak dilaksanakan, Macan Kemayoran bisa mendapatkan hukuman yang berat. Satu yang akan paling terasa adalah mereka tak bisa mendaftarkan pemain baru dalam bursa transfer terdekat. 

2 dari 5 halaman

Pengakuam Simic

Marko Simic sudah sempat angkat bicara mengenai situasi yang melanda dirinya dengan Persija Jakarta. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya pada Selasa (26/4/2022), Simic menyampaikan bahwa ia mengakhiri kontrak dengan Persija.

Hal itu terjadi menjelang BRI Liga 1 musim 2022-2023 bergulir. Dalam unggahan tersebut, Marko Simic mengaku mengakhiri kontrak di Persija secara sepihak karena Persija masih menunggak gajinya.

Menurut pengakuan striker asal Korasia tersebut, manajemen Macan Kemayoran telah menunggak gajinya selama satu tahun.

"Dengan berat hati, saya harus mengumumkan bahwa saya telah mengakhiri kontrak saya secara sepihak dengan Persija Jakarta karena klub telah melanggar kontrak setelah tidak membayar gaji saya selama satu tahun," tulis Simic pada akun Instagram resmi miliknya.

3 dari 5 halaman

Dalih Pandemi COVID-19

Pihak Persija Jakarta membantah pernyataan yang dikeluarkan oleh Marko Simic hampir setahun yang lalu. Melalui Presiden Mohamad Prapanca, Persija menegaskan posisinya sebagai klub yang taat hukum.

Prapanca menganggap tuduhan Simic adalah hal yang tidak benar. Prapanca hanya menyebut adanya penyesuaian gaji di Persija Jakarta karena adanya Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan berdampak pada tidak bisa diputarnya roda kompetisi.

"Persija adalah klub yang patuh dan taat hukum. Tidak benar ada pernyataan yang menyebutkan bahwa gaji pemain tidak dibayar selama satu tahun," ujar Prapanca.

"Adapun penyesuaian gaji yang diberlakukan mengacu pada keputusan dari PSSI terkait pemberhentian kompetisi karena adanya pandemi Covid-19. Dasarnya adalah Surat Keputusan (SK) PSSI bernomor SKEP/69/XI/2020," lanjutnya saat itu.

4 dari 5 halaman

Pahlawan Persija

Marko Simic adalah mantan penyerang andalan Persija Jakarta. Eks pemain Negeri Sembilan ini adalah pahlawan Macan Kemayoran yang menjadi juara Liga 1 2018.

Marko Simic juga sangat tajam ketika memperkuat Perija Jakarta. Pemain yang kini sudah berusia 35 tahun itu mampu mencetak 73 gol dalam 111 laga bersama Macan Kemayoran.

Namun, belakangan Simic berstatus tanpa klub. Ia tampak masih memiliki hasrat untuk terus melanjutkan kariernya.

 
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer