Sukses


Oleh-Oleh Erick Thohir dari Kongres FIFA di Rwanda: Peluang Kolaborasi PSSI dengan Federasi Sepak Bola Australia

Bola.com, Kigali - Kongres FIFA di Rwanda pada Kamis (16/3/2023) menjadi kesempatan bagi PSSI untuk menjajaki kerja sama dengan federasi sepak bola di berbagai negara.

Ketua PSSI, Erick Thohir, bertemu dengan banyak pimpinan federasi sepak bola sejumlah negara, baik Eropa, Asia, Amerika Selatan, hingga Afrika.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa sepak bola Indonesia terbuka dengan potensi kolaborasi dengan negara mana pun, tak terkecuali dengan Australia.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI itu telah bertemu dengan pemimpin Federasi Sepak Bola Australia (FFA), Chris Nikou.

2 dari 5 halaman

Dapat Banyak Pencerahan

Erick Thohor mendapatkan banyak insight dari Chris Nikou terkait tata kelola sepak bola yang profesional.

Mantan Presiden Inter Milan ini kagum dengan perjuangan Australia yang mencoba bangkit setelah terjadi kasus di federasi lama dan juga gagal lolos ke Piala Dunia 2002.

FFA yang dibentuk menggantikan federasi sebelumnya mulai melakukan serangkaian aksi transformasi, baik dari pengelolaan kompetisi hingga peta jalan sepak bola Australia untuk jangka panjang.

3 dari 5 halaman

Ungkapan Erick Thohir

"Perbincangan dengan Chris sangat menarik. Terlebih ada kedekatan emosional juga karena kita sama-sama bagian dari keluarga besar Asian Football Federation," ucap Erick Thohir.

Australia, ucap Erick Thohir, membuka pintu untuk bekerja sama dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Potensi Kerja Sama

Australia, lanjut Erick Thohir, menilai Indonesia merupakan negara dengan prospek sepak bola yang besar, baik dari segi industri maupun kualitas permainan.

"Kami berbicara mengenai kerja sama organisasi antara PSSI dan FFA, serta kerja sama regional untuk pengembangan sepak bola di Asia Tenggara," ungkap Erick Thohir.

5 dari 5 halaman

Unggahan Erick Thohir

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Video Populer

Foto Populer