Sukses


Hasil BRI Liga 1: Kalahkan Bhayangkara FC, PSM Semakin Dekat ke Tangga Juara

Bola.com, Parepare - PSM Makassar meraih kemenangan penting saat menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora BJ Habibie dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Jumat (17/3/2023) sore WIB. Juku Eja menang 3-1 dalam laga ini.

Kemenangan ini membuat PSM Makassar kini memiliki 69 poin dari 31 laga. Mereka unggul 15 poin dari Persija Jakarta yang ada di urutan kedua.

PSM Makassar hanya butuh tambahan satu kemenangan lagi di tiga laga sisa untuk mengunci gelar BRI Liga 1 2022/2023.

PSM Makassar langsung tancap gas sejak awal babak pertama. Laga baru berjalan 11 menit, Juku Eja langsung mendapatkan peluang yang bagus.

Upaya Agung Manan membuat repot kiper Bhayangkara FC, Awan Setho. Namun, eks penjaga gawang Timnas Indonesia U-19 itu masih bisa mengatasi situasi.

PSM Makassar akhirnya mendapatkan gol pada menit ke-21. Yance Sayuri memberikan umpan silang yang sangat matang. Ananda Raehan berdiri di posisi yang tepat.

Gelandang berusia 19 tahun itu tidak terkawal oleh satu pun pemain belakang Bhayangkara FC. Dengan mudah, ia menaklukkan Awan Setho dengan tendangan yang terarah.

2 dari 7 halaman

Mencoba Membalas

Bhayangkara FC terlecut oleh gol dari PSM tersebut. Mengandalkan kreativitas Matias Mier, tim berjulukan The Guardian itu mencoba membongkar pertahanan Juku Eja.

Sani Rizki Fauzi mencoba melakukan akselerasi menuju kotak penalti PSM Makassar pada menit ke-34. Namun, upaya pemain mungil itu masih mentah di kaki para pemain belakang PSM Makassar.

Gelandang Bhayangkara FC, Ripal Wahyudi mendapatkan kartu kuning ketika babak pertama berjalan 37 menit. Itu adalah kartu kuning pertama pada pertandingan ini.

Bhayangkara FC yang berusaha sangat keras gagal mencetak gol hingga babak pertama berakhir. Para pemain PSM pun cukup bangga ketika mereka memasuki ruang ganti pada jeda babak pertama dengan keunggulan satu gol dari tamunya.

3 dari 7 halaman

Babak kedua

Kedua tim mengawali babak kedua dengan susunan pemain yang sama seperti pada babak pertama. Pelatih PSM Makassar dan Bhayangkara FC tampaknya masih percaya dengan pemain yang mereka turunkan sejak awal laga.

Bek PSM Makassar, Erwin Gutawa menampilkan penampilan yang spartan pada menit ke-59. Ia rela menjatuhkan diri untuk menahan tendangan Matias Mier.

Erwin sempat mengeluh kesakitan pada lengan kanannya. Namun, setelah mendapatkan perawatan, eks pemain Martapura FC itu masih bisa melanjutkan pertandingan.

Bhayangkara FC memiliki peluang bagus pada menit ke-65. Sayangnya, umpan silang yang dilepaskan Dendy Sulistyawan tidak ada disambut oleh satu pun pemain Bhayangkara.

Ananda Raehan tampaknya sedang on fire pada laga ini. Pada menitke 67, Raehan hampir mencetak gol keduanya. Namun, upaya lambungan bola pemuda 19 tahun itu masih bisa dibaca oleh Awan Setho.

4 dari 7 halaman

Gol Kedua PSM

PSM Makassar mampu mencetak gol kedua pada menit ke-70. Bhayangkara mencoba melakukan jebalan offside. Namun, jebakan itu gagal.

Everton Nascimento tiba-tiba sudah berhadapan dengan Awan Setho. Penyerang asal Brasil itu tak egois dan memberikan umpan kepada Kenzo Nambu. Dengan mudah, Kenzo mampu menceploskan bola ke gawang BFC. Itu adalah gol kedelapan Kenzo Nambu di BRI Liga 1 2022/2023.

Bhayangkara langsung bereaksi setelah tertinggal dua gol. Antoni Putro Nugroho dan Wahyu Subo Seto masuk untuk menggantikan Muhammad Hargianto dan Sani Rizki Fauzi.

Bhayangkara berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-82. Anderson Sales berdiri di posisi yang tepat untuk menanduk masuk bole ke gawang PSM. Matias Mier menjadi pemberi assist pada gol ini.

5 dari 7 halaman

Ramadhan Sananta Kills The Game

Ramadhan Sananta yang baru masuk pada babak kedua berhasil mengunci laga pada menit pertama injury time babak kedua. Sananta menempatkan bola ke pojok kiri gawang Bhayangkara FC.

Gol dari Ramadhan Sananta menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga ini. Kemenangan ini membuat PSM Makassar kini memiliki 69 poin dari 31 laga.

Mereka unggul 15 poin dari Persija Jakarta yang ada di urutan kedua. PSM Makassar hanya butuh tambahan satu kemenangan lagi di tiga laga sisa untuk mengunci gelar BRI Liga 1 2022/2023.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Bhayangkara FC tak beranjak dari posisi ketujuh klasemen sementara. Alex Martins dkk mengumpulkan 44 poin dari 30 pertandingan.

6 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain PSM Makassar Vs Bhayangkara FC

PSM Makassar (3-5-3): Reza Arya Pratama (Kiper), Erwin Gutawa, Akbar Tanjung, Agung Mannan (Belakang), Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Ananda Raehan, Yance Sayuri (Tengah), Everton Nascimento, Wiljan Pluim (Depan).

Pelatih: Bernardo Tavares

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho (Kiper), I Putu Gede Juni Antara, Anderson Salles, Aji Joko Sutopo, Samsul Arifin (Belakang), Sani Rizki, Muhammad Hargianto, Ripal Wahyudi (Tengah), Matias Mier, Dendy Sulistyawan, Alex Martins (Depan).

Pelatih: Agus Sugeng Riyanto

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer