Sukses


Sepak Terjang Stefano Lilipaly: Sindiran Berbuah Pemanggilan ke Timnas Indonesia dari Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Stefano Lilipaly mengunggah status 'lucu' dalam akun Instagram miliknya, @stefanolilipaly, pada 14 Maret 2023 tepat setelah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menetapkan 28 pemain untuk FIFA Matchday Maret 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memercayai 28 pemain untuk melawan Timnas Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada 25 Maret 2023 dan tiga hari berselang.

Sejumlah netizen menduga postingan Stefano Lilipaly itu sebagai bentuk sindiran kepada Shin Tae-yong karena tidak disertakan ke Timnas Indonesia.

Padahal, Lilipaly tengah on fire di BRI Liga 1 2022/2023. Gelandang asal Borneo FC Samarinda itu mampu menorehkan enam gol dan sembilan assist dalam 28 penampilan.

2 dari 5 halaman

Tiga Hari Berselang, Berujung Panggilan

Tiga hari berselang, unggahan Lilipaly itu berujung pemanggilan ke Timnas Indonesia. Shin Tae-yong memasukkannya untuk menggantikan Egy Maulana Vikri.

Shin Tae-yong terpaksa mencoret Egy dari Timnas Indonesia. Winger asal Dewa United itu disebutkan mengalami cedera ketika beraksi di BRI Liga 1.

"Stefano Lilipaly resmi dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan sebelum FIFA Matchday kontra Burundi," tulis PSSI dalam akun Instagramnya, @pssi pada Jumat (17/3/2023).

3 dari 5 halaman

Debut 2013

Stefano Lilipaly lahir di Arnhem, Belanda pada 10 Januari 1990. Gelandang berusia 33 tahun itu berganti kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2011.

Debut Lilipaly bersama Timnas Indonesia baru terjadi pada 2013. Sampai sekarang, mantan pemain Jong Utrecht itu telah mencatatkan 27 pertandingan dengan perolehan tiga gol dan empat assist.

 
4 dari 5 halaman

Tahun Lalu Menjadi Penampilan Terakhir

Aksi terakhir Stefano Lilipaly bersama Timnas Indonesia ialah dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 ketika melawan Yordania pada 11 Juni 2022. Dia bermain sebagai pengganti selama 28 menit.

Pada era Liga 1 sejak 2017, Stefano Lilipaly sudah beraksi 127 kali bersama Bali United pada 2017-2022 dan Borneo FC pada 2022/2023. Bekas personel Timnas Belanda U-17 itu membukukan 34 gol dan 29 assist.

 
5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia untuk Melawan Burundi

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK)

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer