Sukses


BRI Liga 1: Ingin PSM Tetap Gaspol Selama Ramadan, Bernardo Tavares Atur Strategi

Bola.com, Parepare - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, punya strategi agar performa timnya tidak merosot selama Ramadan. Strategi tersebut nantinya akan diterapkan pada tiga laga sisa di BRI Liga 1 2022/2023.

PSM Makassar menyisakan tiga laga pada BRI Liga 1 2022/2023 yang akan digelar pada Ramadan. Klub berjulukan Juku Eja itu secara matematis hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa menjadi juara musim ini.

Dengan skenario itu, PSM akan menjadi juara dengan koleksi 72 poin. Jumlah tersebut tak akan mungkin terkejar lagi dari pesaing terdekat yakni Persib Bandung yang akan mengoleksi poin maksimal 71 bila memenangi semua laga sisa.

Meski demikian, Bernardo Tavares tetap tak ingin PSM melemah pada tiga laga sisa. Berbekal pengalaman melatih di klub Timur Tengah, Tavares yakni strateginya pada Ramadan di PSM Makassar tetap akan berjalan lancar.

"Terkait Ramadan, saya sudah membicarakan ini dengan kapten dalam tim. Sebelumnya, saya juga punya pengalaman melatih klub yang berada di negara Arab sana," kata Bernardo Tavares.

2 dari 5 halaman

Kontrol Energi

Strategi yang dimaksud Bernardo Tavares adalah mengendalikan energi para pemain PSM Makassar. Tavares memaklumi, energi para pemain akan terkuras karena seharian menjalani ibadah puasa.

Dengan strategi tersebut, Tavares yakin para pemain tetap akan bugar berlatih pada malam harinya. Tavares pun menyebut, para pemain tak masalah dengan strateginya itu.

"Saya kira kami harus betul-betul mengontrol energi karena mereka tidak bisa makan dan minum dengan cara normal. Dengan kebiasaan mereka, saya kira tidak ada masalah dengan itu," tegas pelatih asal Portugal itu.

3 dari 5 halaman

Pantang Tertekan

Pelatih Bernardo Tavares juga memastikan PSM Makassar pantang tertekan karena sudah berada di ambang gelar juara. PSM disebut akan menikmati semua laga sisa di BRI Liga 1.

"Kami tidak tertekan. Kenapa juga ekspektasi besar? Kami tidak merasakan itu. Target dari awal adalah lebih baik dari musim lalu," ucap Tavares.

"Kami sudah lebih dari itu yakni 10 besar. Kami juga sudah melakukan tugas sebelumnya pada tiga besar. Sekarang kami dipastikan pada dua besar. Kami tidak merasakan tekanan itu dan hanya mau menikmati pertandingan-pertandingan," tegas Tavares.

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pekan ke-31

Kamis, 16 Maret 2023

  • Persija Jakarta 1-0 PSIS Semarang
  • Bali United 1-1 Madura United

Jumat, 17 Maret 2023

  • PSM Makassar 3-1 Bhayangkara FC

Sabtu, 18 Maret 2023

  • PSS Sleman 2-1 Borneo FC
  • Persik Kediri 1-0 Persebaya Surabaya

Minggu, 19 Maret 2023

  • Arema FC Vs Persikabo 1973
  • RANS Nusantara Vs Persita Tangerang

Senin, 20 Maret 2023

  • Persib Bandung Vs Dewa United

Selasa, 21 Maret 2023

  • Barito Putera Vs Persis Solo
5 dari 5 halaman

Yuk Simak Posisi Tim Kesayangan Kamu!

Video Populer

Foto Populer