Sukses


Komisi X DPR RI Berharap Naturalisasi Jadi Jalan Terakhir dalam Pengembangan Olahraga di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, berharap proses naturalisasi menjadi pilihan terakhir pada peta jalan rencana (roadmap) sistem olahraga di Indonesia.

Menurut Syaiful Huda, proses naturalisasi secara langsung menutup peluang pemain lokal untuk membela Timnas Indonesia pada masa depan.

Pernyataan itu disampaikan Syaiful Huda saat memimpin rapat kerja (raker) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama PSSI, Senin (20/3/2023) pagi WIB. Rapat tersebut digelar untuk membahas proses naturalisasi yang diajukan kedua lembaga tersebut.

"Naturalisasi itu seharusnya menjadi pilihan terakhir. Kami berada pada posisi ujung. Kami berharap Kemenpora, PSSI menyerahkan roadmap sehingga kami mengawal reformasi olahraga Indonesia," kata Syaiful Huda.

Meski demikian, Komisi X tetap menyetujui pemberian kewarganegaraan untuk Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Ketiganya dipersiapkan untuk membela Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Pemerintah Sepakat

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga, Muhadjir Effendy, sepakat dengan imbauan yang diungkapkan Komisi X DPR RI. Muhadjir berharap, kedepannya dalam proses pengembangan sepak bola Indonesia tak selalu mengandalkan program naturalisasi.

"Komisi X sudah sampaikan naturalisasi adalah keputusan paling ujung dalam membangun olahraga nasional. Jangan dikit - dikit naturalisasi," ucap Muhadjir Effendy.

"Apalagi sepakbola sudah ada Keppres-nya. Ini akan menjadi dasar pembangunan sepakbola Indonesia," ujar Muhadjir Effendy.

 

2 dari 4 halaman

Wajib Dimaksimalkan

Syaiful Huda berharap, kehadiran Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner bisa bermanfaat untuk Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Ketiganya diharapkan bisa dimaksimalkan oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, untuk bisa bersaing dalam turnamen tersebut.

"Keputusan ini diambil dengan kondisi yang tidak ideal maka direkomendasikan dengan naturalisasi. Kami berharap ini menjadi keputusan dimanfaatkan dengan sebaiknya untuk Piala Dunia U-20," ucap Syaiful Huda.

"Untuk percepatan reformasi olahraga dalam berbagai hal, harus dibuat roadmap yang jelas dan bermanfaat," tegas Syaiful Huda.

 

3 dari 4 halaman

Justin Hubner Absen

Sementara itu, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner absen dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Adapun Ivar Jenner dan Rafael Struick turut hadir melalui daring. Lantas, ke mana gerangan bek berusia 19 tahun itu?

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa Justin Hubner tidak dapat mengikuti RDP dengan Komisi X karena sedang berlatih.

Namun, tak diketahui apakah Hubner berlatih dengan Wolverhampton Wanderers U-21, atau bersama Timnas Belanda U-20 yang memanggilnya untuk beruji coba dalam FIFA Matchday pada akhir bulan ini.

"Saya tidak tahu kalau soal itu. Tadi yang hadir dua pemain secara online," jelas Indra Sjafri.

 

4 dari 4 halaman

Anthony Beane Jr. Segera Jadi WNI

Selain Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, Komisi III bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan PP Perbasi juga membahas proses naturalisasi Anthony Beane Jr.

Point Guard Indonesia Patriots itu selangkah lagi merampungkan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Anthony yang saat ini memegang paspor Amerika Serikat mengaku tak sabar untuk bisa segera membela Timnas Basket Indonesia.

"Saya bahagia untuk bisa segera menjadi warga negara Indonesia. Tentu saja ada proses yang panjang akan tetapi saya sepenuhnya bahagia," kata Jerome.

 

 

Video Populer

Foto Populer