Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Hadapi Borneo FC Modal Kekompakan Tim

Bola.com, Jakarta - Pelatih Arema FC, Joko Susilo, mengatakan bahwa timnya akan mengedepankan kekompakan saat menghadapi Borneo FC dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023.

Maklum, Borneo FC ada di posisi 4 klasemen sementara dengan 50 poin. Sementara Arema masih terdampar di urutan 11 dengan 37 poin. Meski laga ini seperti pertemuan tim beda kasta, Singo Edan tak gentar.

Pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo juga tidak silau dengan apa yang sudah dicapai Borneo saat ini. Baginya, justru sudah sewajarnya tim berjuluk Pesut Etam itu bersaing di papan atas.

"Secara psikologis, Borneo FC bagus. Tidak ada masalah dengan tim. Materi, kedalaman skuat dan punya pelatih bagus. Wajar jika sekarang ada di urutan 4. Sementara kami di posisi 11 klasemen Liga 1. Dan tidak ada cara selain menghadapi mereka dengan mengandalkan kekompakan tim,” jelas Getuk.

 

2 dari 4 halaman

Produktivitas Meningkat

Dengan kata lain, jika Arema FC mengandalkan individu pemain ketimbang kolektivitas, ini jadi sinyal bahaya. Karena Borneo punya pressing ketat dan serangan yang tajam. Andaikan pemain Arema terlalu lama memainkan bola, itu bisa segera dicuri dan Borneo melakukan serangan balik yag cepat.

Bisa dibilang Borneo kembali menembukan permainan terbaik sejak ditangani Pieter Huistra. Mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut membuat Borneo tampil lebih menyerang. Hanya saja, dari 5 laga yang sudah dijalani Huistra, tidak semua berujung kemenangan. Pesut Etam menang 3 kali dan 2 laga lainnya berujung kekalahan.

Itu jadi sebuah risiko permainan menyerang. Namun, dari segi produktivitas, Borneo terus membaik. Strikernya, Matheus Pato kini ada di daftar teratas top skorer dengan 20 gol. Sama dengan striker Persib Bandung, David da Silva.

 

3 dari 4 halaman

Percaya pada Kualitas Timnya

Meski demikian, Getuk sudah membuat mental pemainnya lebih baik. Mereka tak akan minder saat menghadapi Diego Michiels dkk.

"Saya melihat beberapa vidio pertandingan Borneo FC. Setelah masuknya Huistra, permainannya sangat dinamis dan bagus. Mereka punya pemain yang cukup berkualitas."

"Meskipun kami juga sebenarnya tidak kalah kualitas. Kami yakin punya kepercayaan diri menatap pertandingan ini,” terangnya.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer