Sukses


Trio Barito Putera yang Bisa Jadi Mimpi Buruk PSIS di BRI Liga 1: Dari Striker Haus Gol hingga Bek Asing Paling Produktif

Bola.com, Jakarta - PSIS Semarang tentu wajib mewaspadai sejumlah senjata berbahaya yang dimiliki Barito Putera saat keduanya berjumpa pada pertandingan tunda pekan ke-20 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Menurut jadwal, duel antara Barito Putera melawan PSIS Semarang ini bakal berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (26/3/2023), pukul 20.30 WIB.

Skuad Mahesa Jenar yang datang sebagai tim tamu memiliki ujian berat untuk bisa mengakhiri tren tujuh pertandingan tanpa kemenangannya. Apalagi, misi ini harus dituntaskan di markas Laskar Antasari.

Selain karena PSIS tak bisa membawa kekuatan terbaiknya, tim tuan rumah juga sudah menyiapkan sejumlah senjata andalannya. Berikut Bola.com menyajikan pemain Barito Putera yang patut diwaspadai PSIS Semarang.

2 dari 5 halaman

Rizky Pora

Salah satu pemain lokal yang patut diwaspadai oleh PSIS Semarang ialah Rizky Pora. Kapten Barito Putera ini memang masih memiliki kualitas yang mumpuni untuk memberikan servis di pertahanan lawan.

Pasalnya, dari 24 penampilannya bersama Laskar Antasari di BRI Liga 1 musim ini, Rizky Pora sudah berhasil mencatatkan total delapan assist. Jumlah ini membawanya sebagai pencetak assist terbanyak di skuad Barito Putera musim ini.

Tak hanya itu, jumlah ini juga membawa pemain berusia 33 tahun itu menduduki jajaran pencetak assist tertinggi di BRI Liga 1.

Dengan koleksi delapan assist itu, Rizky Pora hanya kalah dari Alexis Messidoro (Persis Solo), Eber Bessa (Bali United), dan Wiljan Pluim (PSM Makassar), yang sudah mengepak sembilan assist.

3 dari 5 halaman

Gustavo Tocantins

Barito Putera tampaknya mengambil kebijakan yang sangat baik pada bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2022/2023 dengan mendatangkan striker asal Brasil, Gustavo Toncantis.

Pasalnya, pemain yang pada putaran pertama memperkuat Persikabo 1973 ini muncul sebagai sosok penyerang yang cukup tajam bersama Laskar Antasari di putaran kedua.

Jika pada putaran pertama ia sukses mencetak enam gol dari 17 laga bersama Persikabo, Gustavo Toncantins sejauh ini sudah berhasil mencetak lima gol hanya dari 11 laganya bersama Barito Putera.

Dengan demikian, koleksi 11 gol yang dicetak striker 27 tahun ini turut membawanya ke daftar top scorer BRI Liga 1.

Dia duduk di urutan kelima dan punya koleksi yang sama dengan Lulinha (Madura United), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), dan Ryo Matsumura (Persis Solo).

4 dari 5 halaman

Renan Alves

Salah satu keunikan yang dimiliki Barito Putera pada musim ini ialah hadirnya sosok bek tangguh bernama Renan Alves. Dia adalah salah satu pemain yang nyaris tak tergantikan.

Bek tengah yang pernah merumput di Liga Super Malaysia bersama Kedah Darul Aman FC ini tak hanya piawan dalam bertahan, tetapi juga aktif membantu penyerangan.

Terbukti, bek asal Brasil berusia 30 tahun itu sampai saat ini sudah mengemas tujuh gol dan satu assist untuk Laskar Antasari. Jumlah ini terhitung tinggi bagi seorang pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

Selain Renan Alves, status sebagai bek tengah paling produktif mencetak gol di BRI Liga 1 juga dimiliki oleh Risto Mitrevski yang sama-sama mengepak tujuh gol musim ini.

Sejauh ini, Renan Alves sudah bermain sebanyak 29 kali. Semuanya dicatatkan sejak menit pertama alias starter. Dia hanya absen satu kali, yakni karena hukuman akumulasi kartu kuning.

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Peringkat Barito Putera dan PSIS di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer