Sukses


Trio Jordi Amat, Elkan Baggott, Rizky Ridho di Pertahanan Timnas Indonesia di Mata Shin Tae-yong: Tak Selalu Pilihan Utama

Bola.com, Bekasi - Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timnas Burundi pada FIFA Matchday, Sabtu (25/3/2023) malam. Laga itu digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. 

Pada laga itu, Shin Tae-yong menggunakan formasi 3-4-3. Trio stopper, Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Rizky Ridho ditugaskan mengawal pertahanan Garuda. 

Ketiganya tampil cukup apik. Gawang Timnas Indonesia yang dijaga Syahrul Trisna hanya kebobolan sekali pada laga ini.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun setuju dengan hal itu. Apalagi ketiganya baru pertama kali dimainkan secara bersamaan.

"Mereka cukup bagus, untuk pertandingan ini memang dicoba trio bek itu," kata Shin.

2 dari 3 halaman

Baggott Belum 100 Persen

Shin Tae-yong kemudian menjelaskan kondisi Elkan Baggott. Ia menyebut pemain berusia 20 tahun itu tidak dalam kondisi 100 persen fit untuk pertandingan ini.

"Saya lihat dia tidak buruk ya, tapi untuk pemain dengan kondisi yang belum 100 persen sudah cukup baik," ujar Shin Tae-yong.

Elkan Baggott memang baru saja melakukan perjalanan jauh dari Inggris untuk laga Timnas Indonesia melawan Burundi. Selain itu, ia juga tidak mendapatkan menit bermain secara reguler di Cheltenham Town.

3 dari 3 halaman

Bisa Berubah

Ketika disinggung apakah trio Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Rizky Ridho akan menjadi andalan di lini belakang Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan hal itu bisa terjadi, bisa juga tidak.

"Setiap pertandingan bisa berbeda, tergantung kondisi pemain dan kondisi lawan," katanya.

Lebih lanut, Shin juga menyatakan sangat mungkin mengubah formasi dasar Timnas Indonesia. Bukan tak mungkin akan ada skema empat bek yang ia gunakan. 

"Pasti akan berubah, tidak berubah, formasi juga berubah, hari ini tiga bek, selanjutnya bisa saja empat bek," tandas Shin.

Video Populer

Foto Populer