Sukses


3 Pemain Penting di Balik Kejayaan PSM di BRI Liga 1 2022 / 2023: Kontribusi Besar untuk Tim Juku Eja

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar di ambang juara BRI Liga 1 2022/2023. Hingga pekan ke-31 klub berjulukan Juku Eja itu masih memimpin klasemen sementara dengan koleksi 69 poin.

Capaian tersebut tak lepas dari performa ciamik yang ditunjukkan Wiljan Pluim dkk. di sepanjang musim ini. Rekor demi rekor mereka ciptakan. Satu di antaranya PSM Makassar menjadi tim dengan kekalahan dan kebobolan paling sedikit.

Sepanjang musim ini Pasukan Ramang baru menelan dua kekalahan serta kebobolan 23 gol.

Torehan poin yang mereka miliki sejauh ini mengungguli rival terdekat, yakni Persib Bandung (59 poin) yang ada di posisi runner-up dan Persija Jakarta (54 poin) di peringkat ketiga.

Untuk mengunci titel juara Liga 1 musim ini, Juku Eja cuma membutuhkan satu kemenangan lagi. Momentum penentuan gelar juara PSM bisa terjadi pada pekan ke-32 BRI Liga 1 saat bersua Madura United.

Duel kedua tim tersaji di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan pada Jumat (31/3/2023) pukul 20:30 WIB. Seandainya sukses membekuk tuan rumah, maka PSM Makassar bisa berpesta merayakan gelar jawara di Pulau Garam.

Ada banyak faktor yang mengiringi kesuksesan PSM Makassar di BRI Liga 1 musim ini. Selain peran Bernardo Taveres di kursi kepelatihan, keberhasilan Juku Eja kokoh di puncak klasemen juga tidak terlepas dari pemain-pemain kunci. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya versi Bola.com.

2 dari 5 halaman

Wiljan Pluim

Usianya memang sudah menginjak 34 tahun, tapi peran Wiljan Pluim di lini tengah PSM masih sangat krusial. Gelandang sekaligus kapten tim itu tampil 24 laga dengan menyumbangkan delapan gol dan sembilan assist sepanjang musim ini. Luar biasa!

Membela PSM sejak pertengahan 2016, Pluim menjadi sosok yang tidak tergantikan di lini tengah Juku Eja. Sekaligus menjadi pemain asing terlama yang bertahan di klub kebanggaan Kota Daeng tersebut.

Pemain asal Belanda itu dikenal memiliki visi bermain dan kualitas oke. Pluim memegang peran kunci dalam mengatur ritme permainan PSM Makassar di BRI Liga 1.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Pluim kerap menghadirkan mimpi buruk bagi pertahanan lawan. Mengacak-acak lini belakang sang lawan melalui teknik individunya. Baik dribel maupun keahlian melewati pemain lawan.

Prestasi terbaik Wiljan Pluim bersama PSM adalah trofi Piala Indonesia 2018-2019. Setelah pada musim sebelumnya, Juku Eja bertengger di peringkat dua Liga 1 2018.

3 dari 5 halaman

Ramadhan Sananta

Selanjutnya ada Ramadhan Sananta. Pemain berusia 20 tahun itu tampil memukau di sepanjang musim ini. Dalam 21 penampilan di BRI Liga 1 2022/2023, Sananta sukses membukukan 11 gol plus dua assist.

Ramadhan Sananta direkrut Pasukan Ramang pada 24 Mei 2022. Kini mantan striker Persikabo 1973 itu langsung menjelma menjadi mesin gol baru PSM. Koleksi golnya musim ini kemungkinan masih bisa bertambah, mengingat PSM masih menyisakan tiga laga lagi.

Pemain bernama lengkap Muhammad Ramadhan Sananta itu menjadi pemain lokal paling produktif di  kasta teratas Liga Indonesia. Dia mengungguli Dendy Sulistyawan dari Bhayangkara FC dengan sembilan gol. Kemudian Dedik Setiawan (Arema FC, 9 gol), M. Rahmat (Bali United, 7), dan Wildan Ramdhani (Persita Tangerang, 7).

Istimewanya lagi, penyerang kelahiran Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri itu juga memecahkan rekor sebagai pemain U-23 tersubur dalam semusim di Liga 1. Dia melampaui torehan sembilan gol milik Ilham Udin Armayn pada musim 2017 serta Osvaldo Haay dan Dendy Sulistyawan di Liga 1 2018.

4 dari 5 halaman

Yuran Fernandes

Pertahanan kokoh Pasukan Ramang sejauh ini tak lepas dari keberadaan Yuran Fernandes di lini belakang. Bek kelahiran Sal Rei, Tanjung Verde itu menunjukkan performa jempolan sepanjang musim ini.

Yuran dikenal sebagai bek yang tangguh dalam bertahan. Juga tak kenal kompromi dalam berduel dengan pemain lawan.

Tidak hanya jago dalam duel udara, Yuran merupakan eksekutor penalti yang andal. Bek berusia 28 tahun itu bahkan telah menyumbangkan lima gol dari 27 pertandingan yang dilakoni.

Bersama Agung Mannan dan Safrudin Tahar, pertahanan PSM sejauh ini memang susah ditembus oleh pemain lawan. Berkat penampilan apik mereka, PSM tercatat sebagai salah satu tim yang minim kebobolan di BRI Liga 1 2022/2023.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Peta Persaingan di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer