Sukses


Shin Tae-yong Ingin Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick Tetap Dinaturalisasi buat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pembatalan Piala Dunia U-20 2023 bikin naturalisasi tiga pemain keturunan asal Belanda menjadi tanda tanya. Untung saja, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia sudah mengambil sikap.

Shin Tae-yong menginginkan naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick untuk tetap dilanjutkan dan dituntaskan.

Namun, ketiganya bukan lagi diproyeksikan untuk timnas U-20 karena Piala Dunia U-20 2023 tidak jadi digelar di Tanah Air, melainkan untuk Timnas Indonesia.

Naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) telah memasuki tahap akhir. Ketiganya sudah melewati Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

2 dari 5 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

Ketiganya tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebelum menyandang status WNI.

"Jujur, belum ada laporan apa-apa tentang tiga calon pemain naturalisasi dan seperti apa," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong baru saja membubarkan timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023 yang melakukan latihan terakhirnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/4/2023) malam WIB.

3 dari 5 halaman

Justin Hubner dalam Sengketa

"Tapi, saya berharap tiga pemain ini tetap menjadi WNI untuk memperkuat Timnas Indonesia," tutur arsitek asal Korea Selatan tersebut.

Khusus untuk Hubner, timnas U-20 sempat bersengketa dengan Timnas Belanda U-20. Sebab, bek berusia 19 tahun itu dipanggil kedua tim secara bersamaan.

Hubner bermain garang selama 90 menit pada kemenangan Belanda U-20 2-1 atas Timnas Prancis U-20 dalam uji coba FIFA Matchday di Banus Football Center, Marbella, Spanyol, pada 25 Maret 2023.

4 dari 5 halaman

Sudah Pernah Membela Timnas Indonesia U-20

"Masalah ini bisa terjadi karena proses naturalisasi kurang cepat. Tetapi, saya sudah menelepon Justin Hubner, dia masih berniat dan mau menjadi WNI," imbuh Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Justin Hubner juga sudah pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Bek berpostur 187 cm ini bertanding dua kali dalam festival sepak bola Costa Calida Region de Murcia Football Week di Spanyol.

Jika naturalisasi ketiganya dapat rampung dalam waktu dekat dan PSSI ngebut mengurus perpindahan asosiasi, Hubner, Jenner, dan Struick berpeluang membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023.

5 dari 5 halaman

Timnas U-20 Dibubarkan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer