Sukses


PT LIB Gelar Play-off untuk Menentukan Wakil BRI Liga 1 di Liga Champions Asia 2023 / 2024: Bali United Vs PSM

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggelar babak play-off untuk menentukan wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2023/2024.

Babak play-off ke Liga Champions Asia itu bakal diperebutkan juara BRI Liga 1 2021/2022, Bali United melawan kampiun musim ini, PSM Makassar.

Indonesia mendapatkan satu jatah untuk Liga Champions Asia musim depan melalui jalur kualifikasi.

Mulai musim depan, format waktu Liga Champions Asia berubah dari setahun penuh menjadi lintas tahun sehingga wakil setiap negara, termasuk Indonesia perlu ditentukan kembali.

2 dari 5 halaman

Jadwal Liga Champions Asia

Babak Kualifikasi Liga Champions Asia 2023/2024 akan dimulai pada 8-22 Agustus tahun ini, sementara penyisihan grup dan fase gugur pada 18 September 2023 sampai 18 Mei 2024.

"Mengacu dari merit sistem, kami mendapatkan tiga jatah untuk wakil Indonesia di turnamen antarklub Asia musim depan," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

"Satu di Liga Champions dan dua di Piala AFC 2023/2024. Itu informasi yang terakhir," jelas mantan Direktur Persija Jakarta tersebut.

3 dari 5 halaman

Format Play-off

Ferry Paulus mengungkapkan bahwa format play-off untuk Liga Champions Asia akan bergulir dalam satu leg di tempat netral dan kemungkinan berlangsung pada pertengahan April 2023.

"Lokasi belum ditentukan. Sebab, play-off ini kemungkinan besar dihelat di tempat netral. Namun, kami mau berembuk lebih dulu," jelas Ferry Paulus.

"Kami merasa bahwa di mana pun lokasinya, yang penting exposure-nya bagus. Kemudian sekarang juga tidak terlalu berjarak," ucap pria asal Manado, Sulawesi Utara itu.

4 dari 5 halaman

Alasan Single Match di Tempat Netral

Ferry Paulus menjelaskan penyebab pihaknya memutuskan play-off ke Liga Champions Asia memakai sistem single match di tempat netral karena faktor terkikisnya hegemoni tuan rumah.

"Kalau dulu, tuan rumah selalu dominan untuk menang. Kalau sekarang kan tidak. Mau bermain sebagai tuan rumah juga bisa kalah," tutur Ferry Paulus.

"Pertandingannya nanti single match. Untuk jadwal play-off, yang pasti sebelum lebaran," kata lelaki berusia 58 tahun tersebut.

5 dari 5 halaman

Posisi Bali United dan PSM di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer