Sukses


Habiskan Rp155 Miliar, 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia Sebenarnya Siap Digunakan

Bola.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, memastikan enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023 sudah siap digunakan.

Keenam stadion itu ialah Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Selain stadion, Basuki juga memastikan lapangan latihan yang menunjang keenam stadion itu juga telah dapat dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

Kesiapan dari enam stadion dan lapangan latihan itu sekaligus membantah tudingan perkara infrastruktur yang membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

2 dari 6 halaman

Sudah Audit 6 Stadion

Sebelumnya, FIFA juga telah mengaudit enam stadion dan lapangan latihan pada 21-27 Maret 2023 sebelum membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

"Kami sudah menyiapkan semuanya. Sejak 31 Maret 2023 saat FIFA memeriksa tahap akhir finalisasi stadion, semua dinyatakan oke," ujar Basuki.

"Jadi, tidak benar jika sekarang ada yang bilang Piala Dunia U-20 2023 batal karena infrastruktur stadion. Tidak benar itu," ungkap Basuki.

3 dari 6 halaman

Transparan

Pada 28 Maret 2023, FIFA memutuskan untuk urung menggelar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akibat "situasi saat ini" yang tidak diungkap secara jelas.

Namun, Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan keputusan FIFA dilatarbelakangi oleh intervensi pemerintah yang merujuk penolakan Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terhadap Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, Basuki menjelaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah menghabiskan Rp155,17 miliar untuk merenovasi lima stadion dan 20 lapangan latihan buat Piala Dunia U-20 2023.

4 dari 6 halaman

Penjelasan Basuki Hadimuljono

"Kami komitmen dengan tugas yang diberikan. Apalagi Piala Dunua U-20. Seperti yang dikatakan Pak Erick, merupakan perhelatan terbesar kedua dari FIFA," ucap Basuki.

"Sehingga kami tidak main-main demi menjaga amanah Presiden Jokowi demi suksesnya turnamen ini. Selain itu, kami juga tengah memperbaiki stadion-stadion lainnya di Indonesia agar sesuai standar FIFA," jelasnya.

Basuki juga transparan dengan biaya renovasi stadion dan lapangan latihan untuk Piala Dunia U-20 2023.

5 dari 6 halaman

Renovasi Lain

Stadion Gelora Sriwijaya bersama empat lapangan latihan yaitu Bumi Sriwijaya, Atletik, Baseball, Panahan, dan Jakabaring menelan biaya Rp43,35 miliar.

Sementara itu, Stadion Si Jalak Harupat dan empat lapangan latihan yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api, IPDN, Jati Padjajaran, dan Sidolig menghabiskan anggaran Rp53,97 miliar.

 

6 dari 6 halaman

Anggaran Lain

Adapun, perbaikan Stadion Manahan dengan empat lapangan latihan meliputi Sriwedari, Banyu Anyar, Sriwaru, dan Kota Barat mencapai Rp16,82 miliar.

Adapun, Stadion Gelora Bung Tomo serta empat lapangan latihan yakni Gelora 10 Nopember, A GBT, C GBT, dan Thor dengan biaya Rp23,29 M.

Terakhir, Stadion I Wayan Dipta dan empat lapangan latihan yakni I Gusti Ngurah Rai, Kompyang Sudjana, Gelora Samudra, dan Trisakti yang berbiaya Rp17,61 miliar.

Video Populer

Foto Populer