Sukses


Membandingkan Performa Legiun Asing PSIS Vs PSM di BRI Liga 1: Beda Nasib dan Kontribusi

Bola.com, Jakarta - Duel antara PSIS Semarang melawan PSM Makassar pada laga pekan ke-33 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 menyajikan sejumlah fakta yang menarik. Hal ini terutamanya berkaitan dengan performa legiun asing dari kedua kubu.

Menjelang duel yang akan berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (6/4/2023) itu, perbandingan performa pemain yang dimiliki oleh PSIS dan PSM memang memiliki catatan yang sangat kontras.

Dari kubu tuan rumah, kontribusi yang diberikan oleh keempat pemain asingnya memang masih jauh dari standar. Apalagi, dua di antaranya merupakan pemain baru yang direkrut pada bursa paruh musim ini.

Sementara itu, skuad Juku Eja memang sudah sepatutnya menikmati performa impresif yang diberikan penggawa impornya. Kontribusinya sangat terasa hingga PSM akhirnya mampu melenggang untuk meraih gelar juara.

Jika menyajikan komparasi performa legiun asing dari PSIS dan PSM, maka catatannya bakal memperlihatkan ketimpangan. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Peran Pemain Impor PSIS Belum Terasa

Pada musim ini, PSIS Semarang memang hanya mempertahankan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes saja pada bursa transfer paruh musim. Jonathan Cantillana dan Alie Sesay didepak oleh pihak manajemen.

Sebagai gantinya, Mahesa Jenar mendatangkan Ryo Fujii dan Guilherme Carvalho dos Santos. Dari semua nama pemain ini, Taisei Marukawa memang menjadi pemain yang paling berkontribusi.

Sebab, pemain asal Jepang itu sukses merajai daftar pencetak gol dan assist Mahesa Jenar musim ini. Sejauh ini, Marukawa sudah mencetak tujuh gol dan lima assist. Kontribusi ini sangat tinggi jika disandingkan dengan pemain impor lainnya.

Ryo Fujii, misalnya, masih belum mencetak gol maupun assist dari 13 penampilannya bersama Mahesa Jenar. Vitinho juga tak jauh berbeda. Dia hanya bisa menyumbang satu gol dan dua assist dari delapan laga.

Pemain sayap asal Brasil itu memang lebih banyak berkutat dengan cedera. Adapun hal yang sama juga dihadapi oleh Carlos Fortes. Bomber asal Portugal ini hanya sanggup menghasilkan dua gol dan tiga assist dari 15 aksinya musim ini.

3 dari 5 halaman

Penggawa Juku Eja Istimewa

Empat pemain asing yang diandalkan oleh PSM Makassar pada musim ini memang memberikan kontribusi yang luar biasa. Mereka adalah Wiljan Pluim, Everton Nascimento, Kenzo Nambu, dan Yuran Fernandes.

Wiljan Pluim yang menjadi pemain asing paling lama di skuad Juku Eja memang masih memberikan kontribusi yang luar biasa. Sebab, sejauh ini ia mampu menyumbang 10 gol dan 9 assist.

Jumlah gol ini membuatnya sebagai pemain dengan pencetak gol terbanyak kedua di skuad PSM musim ini. Adapun catatan assist-nya menjadi yang tertinggi, tidak hanya di skuad Juku Eja, tetapi juga di BRI Liga 1 2022/2023.

Selain Yuran, kontribusi gol yang tinggi juga disumbangkan oleh Kenzo Nambu (9 gol), Everton Nascimento (8 gol), dan Yuran Fernandes (5 gol).

Apabila dijumlah, keempat pemain asing PSM sudah mencetak 32 gol hingga pekan ke-32. Artinya, mereka mencetak lebih dari 50% gol yang sudah dihasilkan skuad asuhan Bernardo Tavares musim ini, yakni 60 gol dari 32 laga.

4 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • PSIS Semarang (4-3-3): Adi Satryo; Fredyan Wahyu, Alfeandra Dewangga, Wahyu Prasetyo, Taufik Hidayat; Muhammad Luthfi Kamal, Delfin Rumbino, Septian David Maulana; Taisei Marukawa, Carlos Fortes, Wawan Febrianto;
  • Pelatih: Gilbert Agius
  • PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama; Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa; Yakob Sayuri, Ananda Raehan, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Yance Sayuri; Everton Nascimento, Wiljan Pluim;
  • Pelatih: Bernardo Tavares
  • Kamis, 6 April 2023
  • Stadion Jatidiri, Semarang.
  • Live: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Intip Posisi PSIS dan PSM di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer