Sukses


3 Pemain BRI Liga 1 yang Layak Diberi Kesempatan Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Ada Bek Tangguh PSM Makassar

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan akan berlaga di Piala Asia 2023. Turnamen tersebut sejatinya akan digelar di China pada pertengahan tahun nanti.

Namun, beberapa waktu lalu China mundur dari status sebagai taun rumah, karena COVID-19. Qatar pun maju menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, menggantikan China.

Dengan Qatar resmi menjadi tuan rumah baru Piala Asia 2023, jadwal turnamen itu pun diundur menjadi awal 2024. Tepatnya mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah memiliki kerangka utama tim yang akan dibawa berlaga di turnamen tersebut. Tim itu memang sudah beberapa tahun terakhir dibentuk oleh Shin.

Namun, Shin Tae-yong juga perlu memperhatikan beberapa pemain lain yang tampil apik bersama klub masing-masing di BRI Liga 1 2022/2023. Mereka layak mendapatkan kesempatan tampil bersama Timnas Indonesia.

2 dari 4 halaman

Agung Mannan

Banyak pemain muda potensial yang bermunculan dari PSM Makassar pada musim ini. Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri sudah menembus Timnas Indonesia.

Nama lain yang layak diperhitungkan Shin Tae-yong adalah Agung Mannan. Ia adalah satu di antara tiga bek tengah andalan PSM pada musim ini.

Agung Manan masih berusia 24 tahun. Namun, ia mampu tampil 27 kali di BRI Liga 1 2022/2023.

Eks pemain Persijap Jepara itu sangat piawai bermain dalam skema tiga bek. Sesuatu yang seharusnya tak membuatnya lama beradaptasi dengan skema permainan Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Reza Arya

Penampilan kiper utama Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, belakangan ini mengalami penurunan. Tak heran jika Syahrul Trisna menggesernya di posisi kiper utama Tim Garuda.

Shin Tae-yong juga perlu melirik kiper lain saat ini. Penjaga gawang andalan PSM Makassar, Reza Arya, sangat bisa diperhitungkan.

Dengan usia 22 tahun dan postur yang mencapai 188 cm, Reza sangat menjanjikan diandalkan di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia.

Kiper kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan itu tampil 32 kali bersama PSM Makassar di musim ini. Hebatnya, ia mampu mencatatkan 13 kali clean sheets.

4 dari 4 halaman

Dony Tri Pamungkas

Usia Dony Tri Pamungkas memang masih 18 tahun. Namun, kualitasnya sudah tak bisa diragukan lagi. Persija Jakarta paham betul dengan hal itu.

Dony menjadi salah satu pemain muda yang mendapatkan menit bermain cukup banyak di Persija musim ini. Ia bermain dalam 12 laga BRI Liga 1.

Pemain satu ini memiliki kemampuan olah bola yang bagus. Kaki kirinya juga sangat berbahaya ketika melepaskan umpan maupun melepaskan tembakan.

Dony Tri Pamungkas selama ini menjadi andalan di Timnas Indonesia U-20. Tinggal menunggu waktu bagi Dony untuk promosi ke Timnas Indonesia senior.

Video Populer

Foto Populer