Sukses


Fix, Indonesia Dapat Tiga Slot untuk Berlaga di Kompetisi Asia Musim 2023 / 2024

Bola.com, Jakarta - Kabar kepastian mengenai berapa jumlah wakil Indonesia di kompetisi antarklub Asia untuk musim 2023/2024 akhirnya terkuak. Indonesia dipastikan mendapat lebih dari satu klub yang dapat jatah untuk penampilan di level Asia yaitu Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Berdasarkan keputusan dari AFC yang sudah diinformasikan ke PSSI, ada tiga slot untuk klub Indonesia yang akan hadir di kompetisi elite klub-klub Asia tersebut.

Ketiga slot tersebut adalah play-off Liga Champions Asia, babak penyisihan grup AFC Cup dan play-off AFC Cup.

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Play-off Bali United Vs PSM

Lebih lanjut Ferry Paulu menjelaskan dari informasi yang sudah disampaikan PSSI, untuk slot peserta di play-off babak Liga Champions akan diwakilkan pemenang play-off juara kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 yakni Bali United FC melawan juara kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, PSM Makassar. 

Tim yang kalah dari babak play-off yang mempertandingkan Bali United versus PSM tersebut, lanjut Ferry, akan berhak tampil di babak penyisihan grup AFC Cup.

“Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Kans Persija dan Persib

Khusus untuk slot ketiga atau yang berhak mewakili Indonesia di babak play off AFC Cup, akan diikuti oleh klub yang pada BRI Liga 1 2022/2023 menduduki posisi peringkat kedua atau runner-up.

Diketahui posisi kedua di BRI Liga 1 musim ini masih akan diperebutkan oleh Persija Jakarta dan Persib Bandung, setelah PSM menjadi kampiunnya.  Persib mengoleksi nilai 62 dari 33 laga, sementara Persija di urutan ketiga dengan nilai 60 dari 32 pertandingan.

“Tidak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” tegas Ferry.

4 dari 5 halaman

Diketahui AFC

Sementara itu, terkait penetapan kriteria wakil di tiap negara dalam kuota slot yang ditentukan, AFC telah memberikan kebebasan penuh kepada federasi yang bersangkutan. Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang berhak mewakili satu negara, diserahkan pada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions.

Sekadar informasi, Thailand pun melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub di kompetisi Asia musim 2023/2024, mereka juga melakukan pertandingan play-off di internalnya.

“Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti,” jelas Ferry Paulus memungkasi.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer