Sukses


Perburuan Gelar Top Scorer BRI Liga 1, Dominasi Asing: Matheus Pato dan David da Silva Jadi yang Terdepan

Bola.com, Yogyakarta - Perburuan gelar top skor BRI Liga 1 2022/2023 makin sengit. Posisi teratas di daftar pencetak gol terbanyak sementara ditempati dua pemain. Mereka adalah Matheus Pato dari Borneo FC dan David da Silva (Persib Bandung).

Hingga pekan ke-33, Matheus Pato masih berada di urutan terdepan dengan koleksi 25 gol. Sedangkan David da Silva membuntuti dengan tabungan 23 gol.

Pato berhasil menyalip torehan David setelah Borneo FC menggilas RANS Nusantara FC dengan skor 4-2 pada Minggu, 9 April 2023 . Dalam laga ini, penyerang asal Brasil itu mencatat brace pada menit ke-11 dan (84').

Sementara di laga lainnya, David da Silva kesulitan mencetak gol ketika Persib Bandung dibekuk Persita Tangerang dengan skor 4-0 (9/4/2023). Alhasil, Matheus Pato pun kini unggul dua gol dari eks bomber Persebaya Surabaya tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Masih Berpeluang

Dengan melihat catatan tersebut, Matheus Pato sedikit lebih diunggulkan meraih gelar top skor Liga 1 musim 2022/2023. Meski sulit, bukan berarti peluang David telah tertutup rapat.

Pemain bernama lengkap David Aparecido da Silva itu masih punya kans menyalip torehan gol Pato di laga pamungkas. Kebetulan, Borneo FC dan Persib Bandung sama-sama menyisakan satu laga terakhir di Liga 1 musim ini.

Borneo FC akan berhadapan dengan PSM Makassar di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Minggu (16/4/2023) pukul 20:30 WIB. Sedangkan Persib Bandung bersua Persikabo 1973 pada Sabtu (15/4/2023) pukul 20:30 WIB.

Kedua pemain ini memang tampil gemilang sepanjang musim ini. Mereka menjadi tumpuan di masing-masing klub. Tidak heran jika Borneo FC dan Persib Bandung saat ini menduduki lima besar klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Tidak cuma andal mencetak gol, Matheus Pato juga membukukan tiga assist dari 31 penampilan. Catatan itu menjadikannya pemain paling produktif di Borneo FC.

Begitupula dengan David da Silva. Selain torehan golnya, David sejauh ini sudah menyarangkan lima assist buat Persib Bandung. Luar biasa!

 

3 dari 5 halaman

Didominasi Asing

Sama seperti edisi Liga 1 sebelumnya, daftar pencetak gol terbanyak masih didominasi oleh pemain asing. Sementara pemain lokal belum juga mampu memberikan tekanan berarti bagi para legiun asing yang mentas di kompetisi teratas Liga Indonesia tersebut.

Selain Matheus Pato dan David da Silva, peraih gelar top scorer musim lalu, Ilija Spasojevic (Bali United) membuntuti di posisi ketiga dengan 16 gol. Disusul rekan setimnya Privat Mbarga (15 gol). Kemudian ada Gustavo Tocantins dari Barito Putera (13 gol).

Sementara satu-satunya pemain lokal yang mampu bersaing dalam daftar pencetak gol terbanyak yaitu penyerang PSM Makassar, Ramadhan Sananta. Pemain berusia 20 tahun itu mencetak 11 gol dan dua assist dari 21 laga.

Koleksi golnya musim ini kemungkinan masih bisa bertambah, mengingat PSM masih menyisakan satu partai pamungkas melawan Borneo FC.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Top Skor Sementara BRI Liga 1 2022/2023 per 11 April:

25 gol

  • Matheus Pato (Borneo FC)

23 gol

  • David da Silva (Persib Bandung)

16 gol

  • Ilija Spasojevic (Bali United)

15 gol

  • Privat Mbarga (Bali United)

13 gol

  • Gustavo Tocantins (Persikabo 1973/Barito Putera)

11 Gol

  • Ryo Matsumura (Persis Solo), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Alex Martins (Persikabo 1973), Lulinha (Madura United)

10 Gol

  • Ciro Alves (Persib Bandung), Beto Goncalves (Madura United), Wiljan Pluim (PSM Makassar), Fernando Rodriguez (Persis Solo), Ezequiel Vidal (Persita Tangerang)

9 Gol

  • Rafael Silva (Barito Putera), Abdulla Yusuf Helal (Persija Jakarta), Karim Rossi (Dewa United), Sho Yamamoto (Persebaya Surabaya), Matias Mier (Bhayangkara FC), Dedik Setiawan (Arema FC), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Kenzo Nambu (PSM Makassar), Ramiro Fergonzi (Persita Tangerang)

8 Gol

  • Renan da Silva (Persik Kediri), Everton (PSM Makassar), Pedro Henrique (Persikabo 1973), Alexis Messidoro (Persis Solo), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Makan Konate (RANS Nusantara FC)

7 Gol

  • Wildan Ramdhani (Persita Tangerang), Silvio Junior (Persebaya Surabaya/Persikabo 1973), Dimas Drajad (Persikabo 1973), Risto Mitrevski (Dewa United), Majed Osman (Dewa United), Flavio Silva (Persik Kediri), Taisei Marukawa (PSIS Semarang)
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer