Sukses


Nasib Naturalisasi 3 Pemain Belanda Masih Menggantung akibat Piala Dunia U-20 2023 Batal di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sudah tiga pekan lebih sejak rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui naturalisasi tiga pemain muda asal Belanda. Ketiganya adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Naturalisasi ketiganya merupakan permintaan dari PSSI yang mengakomodasi keinginan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, demi Piala Dunia U-20 2023.

Namun, Piala Dunia U-20 2023 batal di Indonesia. FIFA mengambil keputusan itu karena intervensi pemerintah, dalam konteks ini kepala daerah, terhadap partisipasi Timnas Israel U-20.

Nasib tiga calon pemain naturalisasi itu menggantung. Padahal, Hubner, Jenner, dan Struick tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

2 dari 6 halaman

Keppres Belum Keluar

Sampai sekarang, Keppres untuk ketiga pemain itu belum keluar. Kondisinya kian mengkhawatirkan karena satu personel dikabarkan ragu untuk meneruskan naturalisasinya.

"Tiga pemain itu akan dinaturalisasi karena ada Piala Dunia U-20 2023. Jadi sekarang, karena turnamennya tidak ada, kami bernegosiasi lagi," ujar anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

"Apakah tetap mau dinaturalisasi atau tidak. Dua pemain sudah menunjukkan titik terang. Sementara, kami masih bernegosiasi dengan satu pemain lain," jelasnya.

3 dari 6 halaman

Mengarah ke Justin Hubner

Satu pemain yang sedang dilobi PSSI itu mengarah ke Hubner. Soalnya, bek Wolverhampton Wanderers U-21 itu dipanggil Timnas Belanda U-20 untuk FIFA Matchday Maret 2023.

Bukan hanya disertakan, tapi Hubner juga bermain sebagai starter dan selama 90 menit untuk membantu Belanda U-20 membungkam Timnas Prancis U-20 pada 25 Maret 2023.

Pada 4 April 2023, Hamdan Hamedan mengungkapkan Hubner, Jenner, dan Struick masih berharap melanjutkan naturalisasi meski Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia batal.

4 dari 6 halaman

Disebut Masih Ingin Jadi WNI

Hamdan adalah orang kepercayaan Ketua PSSI periode sebelumnya, Mochamad Iriawan, untuk mengurus naturalisasi pemain keturunan buat Timnas Indonesia, termasuk Hubner, Jenner, dan Struick.

"Bagi yang bertanya apakah trio Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner masih ingin membela Timnas Indonesia? Jawabannya iya," ungkap Hamdan lewat akun Instagramnya, @hamdan.hamedan.

5 dari 6 halaman

Diklaim Serius

"Ini membuktikan keseriusan mereka tidak hanya karena Indonesia awalnya adalah tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tetapi juga karena dalam dada mereka sudah 'Kita Garuda'," terang Hamdan.

Bola.com lalu menghubungi Hamdan pada Rabu (12/4/2023). Namun, lelaki yang juga CEO KESAN App itu sudah tidak bisa memberikan pernyataan karena tidak lagi mengawal proses naturalisasi.

6 dari 6 halaman

Unggahan Hamdan Hamedan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Hamdan Hamedan (@hamdan.hamedan)

Video Populer

Foto Populer