Sukses


Profil Timnas Kamboja U-22: Kuda Hitam di SEA Games 2023 yang Bisa Repotkan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Kamboja U-22 berstatus tuan rumah cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Tergabung di Grup A, Kamboja diprediksi bakal merepotkan tim-tim lainnya, termasuk Timnas Indonesia U-22.

Selain Kamboja dan Indonesia, Grup A juga dihuni Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Rencananya, laga Grup A akan digelar di Phnom Penh Olympic Stadium dari 29 April sampai 10 Mei 2023.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Timnas Kamboja U-22 bertekad untuk menorehkan hasil bagus. Kapten Kamboja, Sieng Chanthea, menegaskan timnya siap bersaing bertarung demi meraih tiket ke final.

"Bagi saya, di grup kami dalam pertandingan itu semua adalah tim yang kuat. Kami tak bisa meremehkan mereka. Akan tetapi, yang harus kami lakukan adalah mencapai final," kata Sieng Chanthea seperti dikutip Thmey Thmey.

Demi menorehkan hasil bagus di SEA Games 2023, Timnas Kamboja U-22 tak main-main. Mereka memakai jasa tiga pelatih sekaligus, yakni Ryu Hirose, Felix Dalmas, dan eks gelandang AC Milan, Keisuke Honda.

Lantas, seperti apa kiprah Timnas Kamboja U-22 di turnamen Asia termasuk SEA Games? Berikut ini ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Pencapaian di SEA Games

Level Timnas Kamboja junior masih jauh berada di bawah tim-tim Asia lainnya, khususnya Asia Tenggara. Berstatus tim semenjana, Kamboja kerap menjadi bulan-bulanan lawan.

Ketika berlaga di turnamen Asia Tenggara, Timnas Kamboja lebih sering menjadi tim penggembira. Di ajang SEA Games misalnya, sejak pertama kali tampil pada 2001, Kamboja kerap kandas pada fase grup.

Dari 11 kali keikutsertaan di SEA Games, pencapaian terbaik Timnas Kamboja adalah pada 2019. Ketika itu, mereka sukses melenggang hingga ke semifinal dengan status runner-up Grup A.

Sayangnya, langkah Kamboja kandas pada semifinal setelah takluk 0-4 dari Vietnam. Adapun 10 edisi lainnya harus terhenti pada fase grup.

 

3 dari 5 halaman

Tak Berkutik di Tingkat Asia

Sama seperti tim junior, Timnas Kamboja senior juga tak berkutik saat tampil di tingkat Asia. Sejak Piala Asia pertama kali digelar pada 1956, Kamboja hanya sekali lolos ke putaran final, yakni edisi 1972.

Namun ketika itu, Kamboja masih bernama Republik Khmer. Hanya diikuti enam tim, Timnas Republik Khmer melenggang ke semifinal Piala Asia 1972 sebagai runner-up Grup B.

Mereka pun bersua Iran pada babak empat besar. Sayangnya, kiprah Republik Khmer harus terhenti karena takluk 1-2 dari Iran.

Adapun di Piala AFF, Timnas Kamboja kesulitan menembus fase knock-out, Langkah mereka selalu terhenti pada penyisihan grup.

 

4 dari 5 halaman

Percaya Diri

Meski acap kali dipandang sebelah mata, Timnas Kamboja U-22 berambisi menorehkan prestasi di SEA Games 2023. Kapten sekaligus striker Kamboja, Sieng Chanthea mengungkapkan saat ini kondisi tim sudah siap tempur.

Timnas Kamboja U-22 memiliki kemauan dan tekad yang sama untuk bisa meraih medali emas SEA Games 2023.

Kamboja sudah menggelar pemusatan latihan di Thailand. Kegiatan ini sudha berlangsung sejak 8 April 2023 dan dipimpin secara langsung General Manager, Keisuke Honda, yang dibantu pelatih Ryu Hirose.

"Untuk kekuatan, kami bermain bagus sebagai tim. Kami juga bekerja sama dengan baik dan memiliki kemauan yang sama," tegas Sieng Chanthea.

5 dari 5 halaman

Hasil Undian SEA Games 2023

Video Populer

Foto Populer