Sukses


Catatan RANS Nusantara dan Dewa United di BRI Liga 1 2022 / 2023: Heboh di Awal Musim, Melempem Kemudian

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 sudah memasuki fase akhir. Sebagian besar kontestan liga sepak bola level tertinggi di Indonesia itu sudah menyelesaikan pertandingan pekan terakhir.

Banyak hal yang terjadi di BRI Liga 1 2022/2023. Satu di antaranya adalah kemunculan dua klub baru yang meramaikan kompetisi tersebut.

Dua tim tersebut adalah Dewa United dan RANS Nusantara. Keduanya memang sama-sama baru promosi dari Liga 2 bersama Persis Solo.

Dibandingkan dengan Persis Solo, Dewa dan RANS Nusantara memang tergolong klub yang sangat baru. Keduanya dibentuk tak lama sebelum Liga 2 2021 bergulir dengan mengakuisisi nama klub lain.

Musim perdana mereka di Liga 2 berjalan bagus. Dewa mendapatkan tiket promosi dengan menempati posisi ketiga Liga 2 2021, sementara RANS Nusantara mendapatkan posisi runner-up.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Gebrakan Awal Musim

RANS Nusantara dan Dewa United sama-sama melakukan gebrakan pada awal musim. RANS membawa konsep pengelolaan sepak bola modern.

Mereka disebut tengah membangun home ground di sebuah wilayah di Jakarta Utara. Dewa pun demikian, mereka baru-baru ini memiliki training ground di Bogor, Jawa Barat.

Pada awal musim, mereka juga mengusung target tinggi. Dewa United yang pada awal musim ditukangi Nil Maizar memiliki target bersaing di papan atas BRI Liga 1 2022/2023.

"Target kami tetap bersaing di papan atas," ujar Nil selepas timnya tersingkir dari babak grup Piala Presiden 2022.

3 dari 5 halaman

Kedatangan Rolaldinho

Dibandingkan dengan Dewa United, RANS Nusantara bahkan lebih heboh lagi. Pada akhir Juni 2022, manajemen RANS mendatangkan legenda dunia, Ronaldinho Gaucho.

Ronaldinho tak hanya datang ke Indonesia. Eks pemain Barcelona dan AC Milan ini bahkan bermain untuk RANS dalam laga eksebisi melawan Persik Kediri.

Selain itu, Ronaldinho juga menyambangi markas RANS Nusantara. Legenda Brasil itu bahkan membuka coaching clinic di sana.

Sempat ada kabar bahwa RANS ingin mendatangkan Ronaldinho untuk bermain dalam satu musim penuh. Meski kemudian kabar itu menguap begitu saja.

4 dari 5 halaman

Terselamatkan Aturan

Di akhir musim BRI Liga 1 2022/2023, Dewa United dan RANS Nusantara menjadi dua tim terbawah di klasemen. Tangsel Warruiors menempati posisi ke-17 dengan 33 poin.

Di sisi lain, RANS Nusantara lebih parah. Makan Konate dan kawan-kawan menjadi juru kunci klasemen akhir dengan 19 poin. Mereka hanya meraih tiga kemenangan di sepanjang musim.

Padahal, dua tim itu diperkuat banyak pemain bintang. RANS memiliki Makan Konate, Ady Setiawan, Hilman Syah, Edo Febrianysah dkk. Sementara itu Dewa United memiliki pemain-pemain berkualitas seperti Egy Maulana Vikri, Rangga Muslim Karim Rossi, Lucas Ramos, dan banyak lagi yang lain.

RANS dan Dewa juga terselamatkan oleh atuan tanpa degradasi di BRI Liga 1 musim ini. Jika tidak ada aturan itu, mereka sudah harus kembali berlaga di kasta kedua musim depan.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer