Sukses


PSM Tidak Terima Hadiah Uang Tunai Juara BRI Liga 1, Ini Penjelasan PT LIB

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar sudah resmi menjadi juara BRI Liga 1 2022/2023. Tim berjulukan Juku Eja itu mengoleksi 75 poin dari 34 pertandingan pada musim ini. Mereka unggul sembilan poin dari Persija Jakarta yang menempati posisi kedua.

Namun, belakangan timbul kabar kurang sedap. Pada perayaan juara PSM Makassar yang digelar, Minggu (16/4/2023), tidak tampak ada cek raksasa uang tunai yang biasa diberikan kepada tim juara.

Hal itu mengundang kecurigaan netizen. Bahkan, beberapa pemain PSM Makassar memberikan reaksi penuh rasa curiga di media sosial.

Terkait tidak adanya hadiah berupa uang untuk PSM Makassar, PT Liga Indonesia Baru (LIB) buka suara.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menegaskan sejak awal musim sudah diinformasikan dan disepakati oleh semua klub peserta BRI Liga 1 2022/2023 tidak ada hadiah berupa uang untuk tim juara. Dalam hal ini, tim juara hanya mendapatkan trofi.

“Semua sudah dikonversikan ke dalam uang kontribusi yang diterima semua klub. Sampai saat ini semua klub memahami hal tersebut. Patut diketahui, kesepakatan ini sudah muncul sejak musim 2018,” tegas Ferry, Selasa (18/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tradisi yang Dihilangkan

Sepak bola Indonesia memang sempat memegang tradisi pemberian cek raksasa kepada tim juara liga. Namun, menurut PT LIB, tradisi itu sudah dihilangkan.

PT LIB kemudian mengingatkan kembali apa yang terjadi pada Liga 1 2018 dan 2019. Saat itu Persija Jakarta dan Bali United juga disebut tak menerima cek hadiah.

"Merunut ke belakang, tim juara Liga 1 sejak musim 2018, yaitu Persija Jakarta dan Bali United FC yang meraih juara dua musim berurutan juga tidak mendapatkan hadiah berupa uang. Kedua klub tersebut hanya mendapatkan trofi juara," jelas PT LIB.

3 dari 3 halaman

Hanya untuk Penghargaan Individu

Berbeda dengan gelar di level tim, PT LIB tetap memberikan hadiah uang tunai kepada para peraih gelar individu di BRI Liga 1 2022/2023.

Untuk urusan gelar itu, PSM mendapatkan dua penghargaan. Bernardo Tavares menjadi pelatih terbaik, sementara gelandang andalan mereka, Wiljan Pluim, menjadi pemain terbaik.

"Bernardo Tavares dinobatkan sebagai pelatih terbaik BRI Liga 1 2022/2023. Pelatih asal Portugal ini berhak mengantongi uang hadiah senilai Rp150 juta rupiah," keterangan dari PT LIB.

"Sedangkan kapten Juku Eja, Willem Jan Pluim dinobatkan sebagai pemain terbaik BRI Liga 1 2022/2023. Pemain asal Belanda yang total turun di 27 pertandingan, mencetak 11 gol dan 10 assist itu mendapatkan uang hadiah senilai Rp150 juta rupiah," sambung mereka.

 
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer