Sukses


Rapor Persib di BRI Liga 1 Musim Ini: Sempat Terdampar di Urutan 14, tetapi Akhirnya Finis 3 Besar

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung menyudahi BRI Liga 1 musim ini di peringkat ketiga klasemen. Tim yang dijuluki Maung Bandung tersebut mengoleksi 62 poin dari 34 pertandingan.

Pencapaian Persib pada musim ini memang dilalui dengan susah payah. Tim Maung Bandung sempat terseok-seok pada awal musim, setelah hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan pembuka.

Hasil tersebut membuat Persib Bandung terperosok ke peringkat 14 klasemen BRI Liga 1 2022/2023. Pencapaian itu terbilang buruk bagi tim dengan kualitas pemain yang mewah.

Rentetan hasil buruk pada awal musim ini menuai protes keras dari suporter Persib yang biasa disebut Bobotoh. Ribuan Bobotoh mendatangi Graha Persib Bandung meminta Robert Alberts untuk hengkang dari kursi pelatih.

Keinginan Bobotoh akhirnya terkabul. Manajemen Persib Bandung secara resmi mengumumkan pelatih asal Belanda tersebut sepakat untuk mengundurkan diri.

 

2 dari 9 halaman

Dilatih Luis Milla

Manajemen Persib Bandung kemudian menunjuk asisten pelatih Budiman untuk menggantikan sementara Robert Alberts. Di tangan Budiman, Persib tampil cukup apik dengan meraih dua kemenangan beruntun melawan PSIS Semarang (2-1) dan PSS Sleman (1-0).

Namun, perfoma Persib Bandung kembali menurun. Marc Klok dkk. menelan pil pahit setelah kalah dari Bali United dengan skor 2-3 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Setelah kekalahan itu, Persib Bandung mengumumkan Luis Milla sebagai pelatih anyar. Entrenador asal Spanyol tersebut diikat dengan durasi kontrak selama dua tahun.

 

3 dari 9 halaman

Ukir 15 Laga Tanpa Kekalahan

Setelah resmi menandatangani kontrak, Milla belum bisa langsung mendampingi Persib karena alasan administrasi. Dia baru menjalani debutnya saat Tim Maung Bandung mengalahkan RANS Nusantara FC pada pekan ke-8 BRI Liga 1.

Kemenangan tersebut langsung mendapat pujian dari Bobotoh di media sosial. Bobotoh optimistis di tangan Luis Milla, Persib bisa menunjukan performa terbaik dalam setiap pertandingan.

Ucapan Bobotoh akhirnya terbukti, kemenangan demi kemenangan diraih Persib Bandung. Tim Maung Bandung bahkan mencatatkan 15 pertandingan tanpa kekalahan.

Dengan perincian 12 kemenangan dan tiga hasil imbang. Torehan tersebut membuat Persib merangsek ke papan atas klasemen Liga 1, dan bersaing ketat di tangga juara.

 

4 dari 9 halaman

Dihentikan PSM

Namun, catatan tak terkalahkan Persib akhirnya terhenti saat berhadapan dengan PSM Makassar pada pekan ke-23. Persib takluk dengan skor akhir 1-2.

"Saya rasa ini pertandingan yang berjalan dengan bagus bagi penonton. Tapi tentu saya tidak senang karena kami tidak bisa memberikan kemenangan bagi warga Bandung," ujar Milla selepas laga melawan PSM.

Kekalahan melawan PSM ternyata memberikan dampak buruk terhadap mental bertanding Persib. Tim kebanggaan publik Bandung itu tidak tampil konsisten dalam beberapa laga berikutnya.

 

5 dari 9 halaman

Kerap Kalah dari Tim-Tim Lemah

Persib hanya mampu mengumpulkan 16 poin dari 11 pertandingan. Menariknya, kekalahan didapat Persib saat bersua tim-tim lemah seperti Barito Putera, Persik Kediri dan Persita Tangerang.

"Saya merasa pemain tidak percaya kepada saya, karena hasil dan sikap mereka seperti ini setelah melawan Persita. Saya tidak mengerti dan ini harus dianalisis ketika musim berakhir," tegas Luis Milla usai laga melawan Persita.

Terakhir, Persib kalah telak 1-4 dari Persikabo 1973 di kandang sendiri, Sabtu 15 April 2023. Hasil tersebut membuat Persib gagal memberikan kado perpisahan indah untuk kiper I Made Wirawan.

 

6 dari 9 halaman

Kehilangan Posisi Runner-up

Selain itu, Persib Bandung merelakan posisi runner-up BRI Liga 1 ditempati Persija Jakarta. Pada waktu yang bersamaan, Persija menang telak 5-0 atas PSS Sleman.

"Ini perpisahan Made Wirawan dan kami ingin memberikan hadiah kepadanya, untuk hari pensiunnya, tetapi itu gagal kami berikan," cetus Luis Milla pasca-pertandingan kontra Persikabo.

"Ini laga yang membuat kami stres karena kami sebenarnya nyaris unggul di setiap momen. Tetapi ada dua kesalahan dan satu dari set piece yang membuat Persikabo menjadi unggul," lanjut Milla.

 

7 dari 9 halaman

Hasil Pertandingan Persib dari Pekan Pertama hingga 20:

Pekan 1

Bhayangkara FC vs Persib (2-2)

Pekan 2

Persib vs Madura United (1-2)

Pekan 3

Borneo FC vs Persib (4-1)

Pekan 4

Persib vs PSIS Semarang (2-1)

Pekan 5

PSS Sleman vs Persib (0-1)

Pekan 6

Persib vs Bali United (2-3)

Pekan 7

PSM Makassar vs Persib (5-1)

Pekan 8

Persib vs RANS Nusantara FC (2-1)

Pekan 9

Arema FC vs Persib (1-2)

Pekan 10

Persib vs PS Barito Putera (5-2)

Pekan 11

Persib Bandung Vs Persija Jakarta (1-0)

Pekan 12

Persik Kediri vs Persib (0-3)

Pekan 13

Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya (2-1)

Pekan 14

Dewa United vs Persib (1-1)

Pekan 15

Persis Solo Vs Persib Bandung (1-2)

Pekan 16

Persib Bandung Vs Persita Tangerang (1-0)

Pekan 17

Persikabo 1973 Vs Persib Bandung (1-1)

Pekan 19

Madura United Vs Persib Bandung (0-1)

Pekan 20

Persib Bandung Vs Borneo FC (1-0)

 

8 dari 9 halaman

Hasil Pertandingan Persib dari Pekan 21 hingga 34:

Pekan 21

PSIS Semarang Vs Persib Bandung (1-3)

Pekan 22

Persib Bandung Vs PSS Sleman (2-0)

Pekan 23

Bali United Vs Persib Bandung (1-1)

Pekan 24

Persib Bandung Vs PSM Makassar (1-2)

Pekan 25

RANS Nusantara FC Vs Persib (1-3)

Pekan 26

Persib Bandung Vs Arema FC (1-0)

Pekan 27

Barito Putera Vs Persib (2-1)

Pekan 29

Persib Vs Persik (0-2)

Pekan 30

Persebaya Vs Persib (2-2)

Pekan 31

Persib Vs Dewa United (2-1)

Pekan 18 (laga tunda)

Persib Vs Bhayangkara FC (2-1)

Pekan 28 (laga tunda)

Persija Jakarta Vs Persib Bandung (2-0)

Pekan 32

Persib Vs Persis (3-1)

Pekan 33

Persita Vs Persib (0-4)

Pekan 34

Persib Vs Persikabo 1973 (1-4)

9 dari 9 halaman

Simak Posisi Akhir Persib pada Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer