Sukses


Erick Thohir Pastikan Shin Tae-yong Pimpin Timnas Indonesia di Asian Games dan FIFA Matchday

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-23 dan senior pada agenda sepanjang 2023. Adapun untuk timnas kelompok umur, akan dialihkan ke pelatih lain.

Timnas Indonesia senior memiliki agenda FIFA Matchday yang akan digelar pada Juni dan September 2023. Adapun untuk U-23 ada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang juga memperebutkan tiket Asian Games 2023.

"Tetap Shin Tae-yong. Saya sudah bicara dengan Coach STY yang akan fokus di U-23 dan tim senior," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/04/2023) sore WIB.

Sementara itu, PSSI mengaku akan mencari sosok pelatih yang akan menukangi Timnas Indonesia kelompok umur.

PSSI akan berdiskusi dengan Shin Tae-yong agar bisa bersinergi dengan para pelatih timnas kelompok umur nantinya.

"Untuk yang muda-muda, nanti kami cari pelatih lain. Supaya fokus, jangan semua borongan. Bahkan, Coach STY juga senang saat kami usulkan cari alternatif lain supaya ke depan pelatih bisa bersinergi antara timnas, kelompok umur, dan klub," tegas Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Bahas Persiapan

Erick Thohir juga sudah melakukan pembicaraan dengan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI terkait agenda Timnas Indonesia sepanjang 2023. Menurut Erick Thohir, persiapan harus segera dilakukan karena banyaknya agenda yang diikuti.

"Saya bersama Exco melakukan review kalender tim nasional. Karena persiapan tim nasional ini harus benar-benar serius. Kemarin, Alhamdulillah kita dalam dua pertandingan bisa ranking 149," ucap Erick Thohir.

"Artinya apa, kalau persiapan ini dikesinambungkan tentu bisa. Namun, tantangannya juga ekstrem tahun ini, Oktober November ada Kualifikasi Piala Dunia. Ini artinya, kita harus menarik mundur persiapan tim di bulan-bulan ke depan ini," ujar Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Jangka Panjang

Erick Thohir juga mengaku sudah berbicara secara langsung dengan pelatih Shin Tae-yong. Keduanya sepakat, tim yang dibentuk merupakan proyek jangka panjang sehingga harus terus dikawal persiapannya.

"Saya juga sudah bicara dengan STY secara serius, membicarakan target dia seperti apa. Oleh karena itu, di FIFA Matchday Oktober-November, mau tidak mau kita akan memulai tim yang kita persiapkan dengan cikal bakal yaitu bulan September adanya Kualifikasi AFC U-23 2024," jelas Erick Thohir.

"Tim ini akan diprioritaskan untuk jangka panjang. Pemain-pemainnya sudah ada, akan tetapi kan tentu ada pemain yang di luar negeri yang di dalam negeri," ucap Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Mulai Bergerilya

Selain itu, Erick Thohir juga menyebut pihaknya akan segera melakukan pendekatan dengan klub-klub luar negeri terkait peluang melepas pemain ke Asian Games 2023 dan agenda lainnya. Erick berharap, klub-klub bisa melepas pemain karena Asian Games bukan masuk kalender FIFA.

"Memang konteksnya, Asian Games ini tidak masuk ke kalender FIFA makanya saya minta mulai minggu depan kita kirim surat ke pemain-pemain luar negeri. Kita tidak boleh mendadak panggil mereka," ucap Erick Thohir.

"Inilah kenapa konteks hari ini kita juga merapikan jadwal tim nasional, jadwal liga. Untuk FIFA Matchday di bulan Juni tetap timnas senior. Sempat ada wacana memainkan timnas Indonesia di AFCU-23 tetapi sedang kita hitung ulang, Insyaallah pekan depan kita coba lebih mantapkan," jelas Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer