Sukses


8 Pemain Indonesia dengan Taksiran Nilai Jual Tertinggi: Marc Klok Turun Takhta

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain merupakan salah satu hal yang ditunggu pecinta sepak bola. Perpindahan pemain bintang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Uang besar yang melibatkan peralihan pemain bintang selalu membuat kita ternganga. Ratusan juta Euro ataupun Poundsterling begitu mudah kita temui dalam setiap proses transfer tersebut.

Sayangnya, biaya transfer seperti ini sangat jarang kita temui di Tanah Air. Klub-klub Indonesia lebih suka mengontrak pemain selama satu musim.

Beruntung kita hidup di zaman modern. Situs Transfermarkt memberikan perkiraan harga pasar berdasarkan beberapa atribut dari sang pemain seperti performa, usia, hingga pengaruhnya terhadap tim.

Bertepatan dengan hari jadi Bola.com ke-8, kami mencoba melihat delapan pemain Indonesia paling berharga versi Transfermarkt. Siapa yang berada di puncak?

 

2 dari 9 halaman

8. Nadeo Argawinata (Tanpa Klub)

Walaupun baru saja dicoret Bali United, nilai pasar Nadeo Argawinata masih sangat tinggi. Kiper asal Kediri itu dihargai hingga Rp4.78 miliar.

Penurunan performanya memang mengkhawatirkan. Tetapi label pemain Timnas yang tersemat merupakan jaminan bagi klub yang berniat meminangnya.

 

 

3 dari 9 halaman

7. Saddil Ramdani (Sabah FC/Malaysia)

Saddil Ramdani jadi pemain selanjutnya yang berada dalam daftar ini. Pemain berusia 24 tahun itu ditaksir memiliki nilai pasar sebesar Rp5.21 miliar.

Penampilan pemain yang bermain di sektor sayap itu memang terbilang dahsyat. Musik ini saja ia telah berhasil mencetak lima gol dan dua assist untuk klubnya di semua ajang.

 

4 dari 9 halaman

6. Rizky Ridho (Persija Jakarta)

Penggawa anyar Persija Jakarta, Rizky Ridho jadi pemain yang berada di posisi ke-6. Transfermarkt memberikan nilai pasar hingga Rp5.65 miliar.

Bukan tanpa alasan pemain berusia 21 tahun itu dihargai setinggi langit. Penampilannya yang kian matang sama sekali tak menyiratkan usianya yang terbilang masih muda.

 

5 dari 9 halaman

5. Rachmat Irianto (Persib Bandung)

Pemain asal Surabaya lainnya, Rachmat Irianto berhak menduduki posisi ke-5. Ia memiliki nilai pasar yang sama dengan Rizky Ridho sebesar Rp5.65 miliar.

Bermain di berbagai posisi merupakan salah satu keunggulan pemain berusia 23 tahun tersebut. Itulah yang membuatnya perannya begitu sentral bagi Persib Bandung dan Timnas Indonesia.

 

6 dari 9 halaman

4. Asnawi Mangkualam Bahar (Jeoonam Dragons/Korea Selatan)

Bermain di luar negeri kerap jadi mimpi buruk bagi diaspora Indonesia. Tetapi hal itu tak berlaku bagi sosok Asnawi Mangkualam Bahar.

Pria asal Makassar itu tengah menjalani musim ketiga di Korea Selatan. Penampilannya yang cukup konsisten, diganjar Rp5.65 miliar oleh Transfermarkt.

 

 

 

7 dari 9 halaman

3. Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda)

Pindah dari Bali United nyatanya mampu jadi titik balik bagi seorang Stefano Lilipaly. Penampilan terbaiknya hadir kembali bersama Pesut Etam.

Catatan delapan gol dan 10 assist yang dibuatnya musim ini, menunjukkan kehebatannya belum pudar. Tak hersn bila Transfermarkt juga memberikan nilai pasar sebesar Rp5.65 miliar untuknya.

 

 

8 dari 9 halaman

2. Marc Klok (Persib Bandung)

Marc Klok terpaksa turun takhta dari daftar pemain Indonesia paling mahal. Walau begitu, nilai pasarnya yang mencapai Rp8.26 miliar masih sulit dikejar pemain lainnya.

Gelandang enerjik asal Belanda ini merupakan andalan Persib Bandung dan Timnas Indonesia. Daya jelajahnya yang tinggi membuat lini tengah tim yang dibelanya selalu terlihat lebih solid.

 

 

9 dari 9 halaman

1. Jordi Amat (Johor Darul Takzim/Malaysia)

Jordi Amat resmi menyandang status pemain Indonesia paling berharga versi Transfermarkt. Nilai pasarnya diperkirakan berada di angka Rp17.38 miliar.

Pemain naturalisasi asal Spanyol itu memang memiliki atribut yang lengkap sebagai seorang bek tengah. Kemampuan playmaking-nya sangat dibutuhkan skuad Garuda. 

Video Populer

Foto Populer