Sukses


Soal Kuota Pemain Asing di Liga 1, Erick Thohir Tunggu Kesepakatan PT LIB dan Klub

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku menunggu kesepakatan antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan klub mengenai kuota pemain asing pada musim baru Liga 1. Kesepakatan itu yang akan menentukan jumlah pemain asing pada setiap klub musim depan.

Pada Liga 1 musim lalu, terdapat empat pemain asing yang diperbolehkan membela klub. Jumlah itu terdiri atas tiga pemain negara bebas dan satu dari negara Asia.

Adapun untuk musim baru, sempat beredar wacana penambahan kuota pemain asing menjadi enam. Selain itu, sempat beredar pula rencana pembatasan pemain naturalisasi pada setiap klub Liga 1.

"Saya meminta klub dan PT LIB segera memutuskan kesepakatan-kesepakatan yang mereka usulkan kepada kami di PSSI. Detailnya kita tunggu saja, apakah naturalisasinya berapa, ataukah ada enam pemain sesuai aturan AFC," kata Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Harus Pro Timnas

Erick Thohir ingin memastikan kuota pemain asing di Liga 1 musim depan harus mendukung perkembangan Timnas Indonesia. Artinya, kedatangan para pemain asing tidak menutup peluang dari pemain lokal untuk bermain.

"Yang penting saya mau yang namanya program timnas menjadi yang utama dan didukung liga," tegas Erick Thohir.

Semakin banyak pemain asing yang bermain di Liga 1 tentu menghadirkan dua sisi yang berbeda. Pemain lokal mendapatkan persaingan yang bagus dengan asing, namun di sisi lainnya adalah menipisnya peluang bermain di klub.

3 dari 4 halaman

Berpotensi Mundur

Sementara itu, Erick Thohir menyebut penyelenggaraan musim baru BRI Liga 1 diprediksi mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Penyebabnya adalah banyak agenda yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia dari berbagai kelompok umur. Timnas Indonesia akan mengikuti sejumlah agenda penting sepanjang 2023-2024.

"Kepada liga saya juga sudah disepakati tanggal 1 Juli berakhir April. Kemungkinan bergeser sedikit karena di tahun depan bulan Januari ada Piala Asia di Qatar," kata Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Yuk Simak Posisi Tim Kesayangan Kamu!

Video Populer

Foto Populer