Sukses


Cerita SEA Games 2023: Keren! Pintu Stadion Tempat Timnas Indonesia U-22 Bertanding Mirip Gerbang Taman

Bola.com, Jakarta - Stadion Olimpiade atau Olympic Stadium memiliki keunikan tersendiri. Yang tadinya saya kira sebuah gerbang taman, ternyata pintu stadion tersebut.

Olympic Stadium akan digunakan oleh tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, bersama empat tim lainnya di Grup A. Timnas Indonesia, Timor Leste, Myanmar, dan Filipina juga bakal bertanding di stadion ini selama fase grup.

Tidak sampai 15 menit buat kami menyusuri jalanan Phnom Penh dari hotel menuju Olympic Stadium. Kami menuju ke sana menggunakan TukTuk, kendaraan khas Kamboja, dan dengan mudah melewati lalu lintas padat di sana.

Ya, Olympic Stadium terletak di tengah kota Phnom Penh, ibu kota Kamboja, dan saat kami tiba di area stadion tersebut, banyak bangunan modern seperti mall dan apartemen.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dikelilingi Bangunan Modern dan Apartemen

Kami sengaja turun lebih awal dari TukTuk dan memilih berjalan kaki karena ingin menikmati suasana di sekitar Olympic Stadium. Berdasarkan pandangan kami, dari sisi barat, ada sejumlah kegiatan konstruksi di sekitar stadion.

Kami jadi teringat obrolan dengan supir taksi saat mengantar kami dari bandara ke hotel. Ia sangat bangga memberitahu kami bahwa Phnom Penh sekarang banyak dibangun apartemen dan shopping mall, sampai-sampai sang supir memuji pemerintah Kamboja.

"Saya tidak tahu apakah karena SEA Games jadi ramai bangunan apartemen, tetapi saya suka kerja pemerintah Phnom Penh. Banyak apartemen, banyak penumpang," katanya kepada awak Bola.com.

3 dari 4 halaman

Kenangan Staf Medis Olympic Stadium

Kami kemudian mencoba berbincang dengan seorang staf medis yang berjaga di area gerbang selatan Olympic Stadium. Ia mengaku seorang gibol alias suporter berat sepak bola.

SEA Games 2023 bukan event pertamanya bekerja sebagai staf medis. Sebelumnya, ia juga pernah bekerja saat Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF 2019 U-22, yang digelar juga di Kamboja.

"Saya ingat betul, semifinal Indonesia melawan Vietnam. Pertandingan ketat, saya menonton dengan adik saya karena dia punya darah Vietnam, jadi saya mendukung Vietnam walau warga Kamboja," kata staf medis Olympic Stadium kepada Bola.com.

"Ternyata Indonesia punya tim bagus, tetapi saya tidak tahu pemain-pemainnya. Nanti Indonesia bertemu filipina, kalau banyak fans pasti ramai, saya dengar suporter kalian (menunjuk saya) luar biasa," ujarnya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2023 Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer