Sukses


Cerita SEA Games 2023: Curhat Simon McMenemy Berkarier di Kamboja, Satu Hal Ini Bikin Kangen

Bola.com, Jakarta - Ada satu hal yang dirindukan Simon McMenemy saat kami mendapatkan kesempatan berbincang dengannya di Olympic Stadium pada laga pertama SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Filipina.

Simon McMenemy datang bersama anaknya, Hunter, yang juga tampak antusias menyaksikan pertandingan tersebut. Apalagi, dua tim yang bertanding adalah bekas tim yang dilatih ayahnya.

Ya, Simon McMenemy pernah meraih sukses di Indonesia, tetapi namanya terkenal di Asia Tenggara berkat keberhasilannya menempatkan Filipina di peta persaingan sepak bola ASEAN.

"SEA Games dimulai di sini, tercabik di sini juga, Indonesia atau Filipina, Hunter juga tidak yakin," tulis McMenemy di laman instagram pribadinya menyuratkan betapa ia bingung harus mendukung siapa.

2 dari 5 halaman

Sepi

Simon McMenemy saat ini melatih salah satu tim terkuat di Kamboja, Visakha FC. Kehadirannya makin membuat mereka jadi klub yang disegani di regional Asia Tenggara.

Beberapa masyarakat Kamboja mengakui kehebatan Visakha FC, terlebih dengan Simon McMenemy berada di belakang kendali tim. Namun demikian, ada satu yang kurang.

"Sepi! Bicara suporter, jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang pernah saya singgahi sebagai pelatih, jauh lebih sepi," kata McMenemy.

"Sepak bola memang populer di sini, tetapi soal gairah suporter, Indonesia menang jauh. Meski demikian, di sini, saya bisa menikmati hidup lebih nyaman," ucapnya lagi.

3 dari 5 halaman

Kekurangan Timnas Indonesia U-22

Simon McMenemy juga melihat kalau Marselino Ferdinan dkk. tampil gugup pada babak pertama duel melawan Filipina di SEA Games 2023, Sabtu (30/4/2023) sore waktu setempat.

"Filipina memperlihatkan kemajuan. Pelatihnya sekarang adalah bekas anak asuh saya tahun 2010, saya sering berbincang dengannya. Saya tahu apa kekurangan timnya, dan masalah utamanya adalah mereka kesulitan mencetak gol," kata McMenemy diselingi rasa kaget selepas tahu bahwa Filipina tidak melepaskan satu tembakan pun ke gawang Timnas Indonesia U-22 pada babak pertama.

"Filipina sudah berbuat maksimal untuk menghentikan serangan Timnas Indonesia. Harus saya akui, Timnas Indonesia U-22 sangat gugup pada babak pertama, lalu babak kedua sejumlah pergantian dilakukan dan menjadi lebih kuat."

4 dari 5 halaman

Peran Vital Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Marselino Ferdinan, mendapatkan pujian setinggi langit dari Simon McMenemy.

"Marcelo? Oh dia bermain cerdas, setiap kali menguasai bola, kualitasnya langsung terlihat. Saya tahu dia ketika masih di Persebaya, saat saya menangani Bhayangkara FC," kata Simon.

"Saya paham seperti apa Marselino, dia terlihat seperti tidak bekerja keras, tetapi dia selalu berada di waktu dan tempat yang tepat. Pemain yang sangat cerdas."

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2023 Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer