Sukses


5 Pemain Veteran yang Jadi Buah Bibir pada Bursa Transfer Liga 1: Eks Timnas Jadi Komoditas Panas

Bola.com, Jakarta - Nama-nama pemain yang masuk kategori veteran ternyata masih menjadi komoditas panas pada bursa transfer Liga 1 musim depan. Muncul beberapa pemain senior yang menjadi incaran klub-klub di kasta tertinggi.

Setidaknya, terdapat lima nama pemain senior yang ikut meramaikan bursa perpindahan pemain menuju bergulirnya Liga 1 musim 2023/2024. Sebetulnya, pemain-pemain ini usianya sudah memasuki masa senja.

Mereka tak hanya menginjak kepala tiga, tetapi ada pula yang sudah berkepala empat alias usianya melebihi 40 tahun. Meskipun demikian, performa para pemain veteran ini masih tetap mumpuni untuk bisa bersaing di kasta tertinggi.

Sebagian besar dari mereka masih mampu mendapatkan menit bermain yang reguler, bahkan ada yang menjadi mesin gol pada musim lalu. Berikut ini Bola.com menyajikan lima pemain veteran yang banyak diincar klub Liga 1.

 

2 dari 7 halaman

Ferdinan Sinaga

Selepas mengakhiri kontraknya bersama Persis Solo, Ferdinand Sinaga menjadi salah satu pemain veteran Indonesia yang paling banyak diburu. Ada sejumlah klub yang dikabarkan tertarik memboyong pemain berusia 34 tahun itu.

Beberapa di antaranya yakni Barito Putera, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, hingga Dewa United. Persebaya menjadi tim yang dirumorkan punya peluang besar merekrut striker asal Bengkulu itu.

Namun demikian, sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari masing-masing klub soal rumor ketertarikannya dengan Ferdinan Sinaga.

Sebetulnya, performa mantan striker Timnas Indonesia itu tak begitu istimewa. Di Liga 1 musim lalu, ia hanya bisa menyumbang dua gol dan satu assist dari 27 laga bersama Laskar Sambernyawa.

 

3 dari 7 halaman

Alberto Goncalves

Pemain senior lainnya yang ternyata masih diminati klub-klub Liga 1 untuk musim depan ialah penyerang naturalisasi asal Brasil, Alberto Goncalves.

Awalnya, pemain yang akrab disapa Beto itu sempat diisukan menjadi incaran sejumlah klub elite seperti Bali United dan Persib Bandung. Namun, klub yang disebut terakhir belakangan telah membantahnya.

Setelah itu, muncul rumor baru yang mengabarkan striker berusia 42 tahun itu juga diminati Barito Putera dan RANS Nusantara FC.

Meski usianya termasuk senior, Beto masih menjadi mesin gol yang mengerikan. Musim lalu, dia sukses melesakkan 10 gol dan lima assist dari total 32 penampilannya bersama Madura United.

 

4 dari 7 halaman

Fabiano Beltrame

Selanjutnya, bursa perpindahan pemain menuju musim 2023/2024 turut diramaikan dengan rumor bek naturalisasi asal Brasil, yakni Fabiano Beltrame.

Pemain bertahan yang sudah menginjak kepala empat karena usianya menyentuh 40 tahun itu memang telah resmi mengakhiri kontraknya bersama Persis Solo.

Dari rumor yang beredar, Barito Putera menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang siap menampung pemain yang sudah berkarier di Indonesia sejak medio 2005 tersebut.

Yang menjadi persoalan, Fabiano sudah tidak bermain sejak pekan ke-21 Liga 1 2022/2023 karena mengalami cedera pada anterior talofibular ligament (ATFL) dan calcaneofibular ligament (CFL).

 

5 dari 7 halaman

Achmad Jufriyanto

Pemain veteran lainnya yang masih meramaikan bursa transfer musim depan ialah Achmad Jufriyanto. Bek berusia 36 tahun itu kabarnya bakal diboyong dari Persib Bandung.

Sebetulnya, kontrak pemain yang akrab disapa Jupe tersebut masih berlangsung hingga 2024. Persita Tangerang menjadi salah satu klub yang berniat untuk memboyongnya dari Tim Pangeran Biru.

Meskipun sudah memasuki usia senja, performa Jupe masih terhitung istimewa. Di kompetisi Liga 1 2022/2023, dia tampil 24 kali dan 16 laga di antaranya turun sejak menit awal alias sebagai starter.

 

6 dari 7 halaman

Victor Igbonefo

Yang terakhir, ada nama Victor Igbonefo. Pemain naturalisasi yang kini bermain untuk Persib Bandung itu ternyata juga masih diminati klub-klub kasta tertinggi.

Salah satu kontestan yang kabarnya bersedia merekrut bek berusia 37 tahun itu ialah RANS Nusantara FC. Namun, kontrak pemain asal Nigeria tersebut ternyata masih berlangsung hingga musim depan.

Bek naturalisasi yang telah mengoleksi 14 caps bersama Timnas Indonesia itu memang kesulitan menembus tim utama Maung Bandung. Musim lalu, Igbonefo hanya bisa mencatatkan 15 kali penampilan di Liga 1 2022/2023.

7 dari 7 halaman

Simak Posisi Akhir Klub Favorit Kamu Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer