Sukses


8 Pemain Termuda Timnas Indonesia dalam Sejarah SEA Games: Ada yang Berusia 16 Tahun!

Bola.com, Jakarta - Pada mulanya, cabang sepak bola SEA Games tidak memiliki aturan khusus mengenai usia para pemain. Namun, Sejak 2001, ada aturan pembatasan pemain di ajang tersebut.

Mereka merujuk pada aturan yang digunakan di Olimpiade. Setiap kontestan yang ikut serta di ajang SEA Games hanya bisa menurunkan para pemain di bawah 23 tahun.

Aturan pembatasan usia itu sempat mengalami beberapa modfikasi. Seperti yang terjadi pada SEA Games 2023 dimana setiap tim hanya boleh menurunkan para pemain yang berusia di bawah 22 tahun.

SEA Games juga sempat memberlakukan aturan setiap tim boleh mendaftarkan tiga pemain senior ke skuad mereka. Seperti yang terjadi pada SEA Games 2019 dan 2021.

Sejak aturan pembatasan diberlakukan di ajang SEA Games, banyak pemain muda yang bermunculan di skuad Timnas Indonesia.

Masih dalam suasana Sewindu Bola.com, kami mengumpulkan delapan pemain termuda yang pernah membela Garuda Muda di ajang SEA Games. Siapa saja mereka?

2 dari 10 halaman

Ronaldo Kwateh (SEA Games 2021)

Ronaldo Kwateh menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games 2021. Hebatnya, saat itu, Ronaldo masih berusia 16 tahun 6 bulan.

Dengan usia tersebut, Ronaldo Kwateh sampai saat ini masih tercatata sebagai pemain termuda Indonesia yang pernah berlaga di ajang SEA Games.

Penampilan Ronaldo Kwateh di SEA Games 2021 cukup baik. Ia mampu memberikan medali perunggu untuk kontingen Indonesia.

3 dari 10 halaman

Asnawi Mangkualam (SEA Games 2017)

Timnas Indonesia U-22 tampil percaya diri di SEA Games 2017. Saat itu Garuda Muda ditukangi pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

Satu pemain yang menarik perhatian dari skuad Milla kala itu adalah Asnawi Mangkualam. Dengan usianya yang baru 17 tahun 10 bulan, Asnawi sudah mampu menembus skuad Garuda Muda.

Asnawi kemudian berkembang menjadi pemain yang sangat bagus. Kini ia sedang menikmati karier yang baik di Korea Selatan.

4 dari 10 halaman

Witan Sulaeman (SEA Games 2019)

Sejak pertama kali muncul ke permukaan, banyak yang sudah memperkirakan jika Witan Sulaeman akan menjadi pemain hebat. Saat ini, ia masih ada di jalan yang tepat untuk mencapai level itu.

Witan Sulaeman menjadi pemain termuda ketiga Indonesia yang pernah berlaga di SEA Games. Witan tampil di SEA Games 2019 saat masih berusia 18 tahun 1 bulan.

Witan kembali terpilih ke skuad Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2021 dan Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2023.

5 dari 10 halaman

Zalnando (SEA Games 2015)

Timnas Indonesia U-23 gagal meraih medali pada SEA Games 2015. Saat itu, tim asuhan Aji Santoso kalah dari Timnas Vietnam U-23 pada perebutan medali perunggu.

Meski demikian, ada satu nama yang cukup menarik perhatian dari skuad Timnas Indonesia U-23 saat itu. Satu nama yang dimaksud adalah Zalnando.

Saat itu Zalnando masih berusia 18 tahun 5 bulan. Zalnando pun berkembang menjadi bek kiri yang bagus. Kini ia masih menjadi bagian dari Persib Bandung.

6 dari 10 halaman

Marselino Ferdinan (SEA Games 2023)

Marselino Ferdinan bisa dikatakan sebagai sensasi terkini dari sepak bola Indonesia. Di usianya yang masih sangat muda, ia sudah menjalani karier di Belgia bersama KMSK Deinze.

Saat ini, Marselino Ferdinan berusia 18 tahun 7 bulan. Ia menjadi pemain termuda di skuad Timnas Indonesia U-22 yang berlaga di SEA Games 2023.

Dengan usia tersebut, Marselino Ferdinan juga menjadi pemain termuda kelima Indonesia yang pernah tampil di ajang SEA Games.

7 dari 10 halaman

Muhammad Ridwan (SEA Games 2009)

Muhammad Ridwan masih berusia 18 tahun 8 bulan ketika tampil membela Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2009. Ia menjadi pemain termuda keenam Indonesia yang berlaga di ajang SEA Games.

Namun, penampilan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2009 tak mau diingat oleh pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab, dalam ajang yang berlangsung di Laos itu, Garuda Muda gagal lolos dari babak grup.

Muhammad Ridwan memiliki karier yang baik setelah tampil di SEA Games 2009. Ia sempat memperkuat beberapa klub besar Tanah Air. Saat ini Ridwan menjadi kiper andalan PSS Sleman.

8 dari 10 halaman

Jajang Mulyana (SEA Games 2007)

Jajang Mulyana mengawali kariernya sebagai seorang striker. Ia tampil sebagai penyerang andalan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2007. Saat itu Jajang masih berusia 19 tahun 1 bulan.

Sayangnya prestasi Garuda Muda di SEA Games yang digelar di Thailand itu cukup buruk. Mereka gagal lolos dari babak grup.

Ketika sudah naik di level senior, Jajang Mulyana justru lebih dikenal sebagai bek tengah tangguh. Bahkan, ia mendapatkan gelar juara liga bersama Bhayangkra FC pada 2017 dengan bermain di posisi itu.

9 dari 10 halaman

Toni Sucipto (SEA Games 2005)

Pemain termuda kedelapan Indonesia yang pernah berlaga di ajang SEA Games adalah Toni Sucipto. Toni masih berusia 19 tahun 9 bulan saat membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games Filipina 2005.

Toni saat itu memang tampil apik bersama Sriwijaya FC. Sesuatu yang membuat Peter Withe tak ragu untuk memberinya tempat di skuad Garuda Muda.

Toni Sucipto pun sempat konsisten menjadi bagian dari Timnas Indonesia senior. Kini di usianya yang sudah 37 tahun, Toni masih menjadi bagian dari Persija Jakarta.

 

10 dari 10 halaman

Liputan Ekslusif SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer