Sukses


5 Mesin Gol yang Tajam di Liga 1 2022 / 2023: Nama-nama Kejutan Tampil Ganas

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Liga 1 2022/2023 sudah kelar sejak bulan April kemarin. PSM Makassar keluar sebagai juaranya.

Banyak pemain menorehkan prestasi mentereng, terutama soal urusan mencetak gol di Liga 1 2022/2023.

Mencetak gol merupakan inti dari permainan sepak bola. Taktik atau strategi yang dimainkan selalu bertujuan mencetak lebih banyak gol ketimbang lawannya.

Inilah yang membuat klub sepak bola profesional rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan penyerang berkualitas. Walaupun itu berarti menepikan pemain lokal dan menaruh kepercayaan kepada pemain asing.

Namun, perhelatan kompetisi Liga 1 2022/23 memunculkan fenomena baru. Beberapa nama lokal mampu menjaga eksistensi di tengah genpuran para ekspatriat.

Walau tak bersaing di dafta pencetak gol terbanyak. Setidaknya nama-nama ini memperlihatkan pemain Indonesia masoh bertaji di kompetisinya sendiri.

Bola.com merangkum lima penyerang lokal tersubur di kompetisi musim lalu. Siapa saja mereka? Bersiaplah untuk beberapa kejutan.

2 dari 7 halaman

Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic menjaga statusnya sebagai bomber lokal tersubur musim lalu. Pemain naturalisasi asal Montengro itu berhasil mempersembahkan 17 gol dalam 27 penampilan di kompetisi Liga 1 2022/23.

Catatan ini memang sedikit menurun ketimbang musim sebelumnya saat ia mengantarkan Bali United meraih back-to-back juara. Kala itu, Spaso, julukan akrab Spasojevic, menorehkan 23 gol.

Namun, penurunan itu tak lepas dari menit bermainnya yang berkurang. Ia terpaksa meninggalkan rekan-rekannya di Bali United lantaran mendapatkan panggilan negara untuk memperkuat Indonesia di Piala AFF 2023.

3 dari 7 halaman

Ramadhan Sananta

Satu nama baru muncul ke permukaan di kompetisi musim lalu. Ramadhan Sananta menyumbangkan 11 gol saat membawa PSM Makassar juara.

Kemunculan pemuda berusia 20 tahun itu memang tak busa diprediksi. Ia dihadirkan sebagai pelapis Everton Nascimento yang sejatinya tak kalah moncer darinya.

Tetapi pemain asal Kepulauan Riau itu selalu mampu menjawab kepercayaan pelatih walau hanya sebentar. Hasilnya, ia kini dipercaya sebagai penyerang utama di Timnas Indonesia U-22 pada ajang SEA Games 2023.

4 dari 7 halaman

Beto Goncalves

Nama selanjutnya yang tak kalah mengejutkan dalam daftar ini adalah Alberto Goncalves. Pemain berusia 42 tahun itu masih sanggup mencetak 10 gol di kompetisi Liga 1 2022/23.

Usia yang tak lagi muda memang membuat fisiknya cepat terkuras. Tetapi itu diimbangi dengan pengalaman dan instingnya yang masih tetap terjaga.

Penempatan posisi yang baik memudahkannya mencetak banyak gol. Ia bahkan tercatat sebagai pencetak gol tertua di kompetisi elit tanah air.

5 dari 7 halaman

Dendy Sulistyawan

Keberadaan Dendy Sulistyawan di daftar ini ibarat sebuah mukjizat. Sebab di putaran pertama, ia hanya sanggup mencetak dua gol.

Tetapi peruntungannya berubah seturut perubahan di lini depan Bhayangkara FC. Kehadiran Matias Mier dan Alex Martins membuat keganasannya di muka gawang lawan jadi tak terkendali.

Alhasil, tujuh gol berhasil dibuatnya hanya di paruh kedua saja. Tak heran bila panggilan Timnas kembali menyapanya tahun ini.

6 dari 7 halaman

Dedik Setiawan

Nama terakhir di posisi lima besar juga tak kalah mengejutkan. Dicap sudah habis, Dedik Setiawan justru membuktikan bila anggapan itu salah besar.

Cedera yang kerap mendera membuatnya gagal tampil di level optimal dalam beberapa tahun belakangan. Tetapi fisiknya yang semakin membaik berdampak pada ketajamannya.

Catatan sembilan gol yang dibuatnya musim lalu seharusnya bisa jauh lebih banyak. Tetapi sayangnya, ia masih dilanda inkonsistensi dalam melepas tembakan.

7 dari 7 halaman

Tengok Persaingan di Liga 1 Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer