Sukses


Dihukum FIFA, Rusia Tetap Bisa Uji Coba Lawan Timnas Indonesia, Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapatkan undangan dari Rusia untuk melakoni laga persahabatan. Undangan itu datang di tengah sanksi FIFA dan UEFA terhadap negara Rusia.

Undangan melakoni laga persahabatan diberikan ke Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo. Undangan itu disampaikan secara langsung Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G Vorobieva, saat bertemu dengan Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Kamis (11/5/2023).

Banyak pihak yang mempertanyakan undangan dari Rusia dan dampaknya terhadap Timnas Indonesia bila melakoni laga persahabatan tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Rusia sedang mendapatkan sanksi yang dijatuhkan Dewan FIFA dan juga Komite Eksekutif UEFA pada 1 Maret 2022, dan dipublikasikan di situs resmi mereka. 

Sanksi tersebut diberikan FIFA dan UEFA karena Rusia melakukan invasi ke Ukraina sejak Februari 2022. Akibatnya, Timnas Rusia dilarang tampil pada ajang internasional yang berada di bawah naungan FIFA dan UEFA.

Sanksi tersebut juga membuat tim yang dijuluki The National Team tersebut dikucilkan oleh internasional. Lantas, bolehkan Timnas Indonesia memenuhi undangan laga persahabatan dari Rusia? Berikut ini penjelasannya.

2 dari 3 halaman

Boleh Gelar Laga Persahabatan

FIFA dan UEFA ternyata tidak pernah melarang Rusia untuk melakoni laga persahabatan. Syaratnya adalah, laga yang digelar tidak berada di bawah naungan dari dua pihak tersebut.

Contohnya seperti FIFA Matchday. Jadi, Rusia diperbolehkan melakoni laga persahabatan selama itu hanya sekadar pertandingan biasa, dan diluar jadwal FIFA Matchday.

Jadi, duel yang dijalani tidak akan dimasukkan dalam hitungan poin FIFA. Sejak mendapatkan sanksi dari FIFA dan UEFA, Rusia juga sudah melakoni beberapa laga persahabatan. Contohnya pada Maret 2023 menghadapi Iran dan Irak.

3 dari 3 halaman

Tak Dapat Poin

Timnas Indonesia tak akan mendapatkan dampak apapun bila menerima undangan laga persahabatan dari Rusia. Namun, pertandingan melawan Rusia tidak akan mendapatkan hitungan poin FIFA, karena bukan laga FIFA Matchday.

Timnas Indonesia bisa memanfaatkan laga persahabatan melawan Rusia sebagai ajang persiapan menuju Piala Asia 2023. Pertandingan itu diprediksi bisa digelar pada jeda internasional edisi November 2023.

Sebab, pada Juni 2023 ini Timnas Indonesia sudah memiliki agenda FIFA Matchday. Satu laga dipastikan akan menghadapi Palestina (14/6/2/2023) dan laga sisanya digadang-gadang menghadapi Argentina (19/6/2023).

Video Populer

Foto Populer