Sukses


Regulasi Pemain Asing Liga 1 Musim Depan: 5 Bebas dan 1 ASEAN, Semua Boleh Main Bareng

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menetapkan regulasi pemain asing untuk Liga 1 2023/2024. Berapa jumlahnya dan bagaimana aturan memainkannya?

Dalam surat bernomor 209/LIB-COR/V/2023 bertanda tangan Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, perihal "Pemberitahuan Pelaksanaan Kompetisi Liga 1 2023/2024", terjadi perubahan kuota pemain asing untuk Liga 1 musim depan.

Jika pada musim lalu setiap tim hanya boleh memiliki 3+1 alias tiga pemain asing bebas dan satu personel Asia, maka untuk musim depan per klub diizinkan mempunyai 5+1 atau lima pemain asing bebas dan satu personel Asia Tenggara (ASEAN).

"Seluruh pemain asing dapat dimainkan dalam setiap pertandingan," ujar PT LIB.

Artinya, tidak ada pembatasan untuk memasukkan personel impor dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) di kompetisi Liga 1 musim depan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Disesuaikan dengan Aturan AFC

Modifikasi aturan pemain asing di Liga 1 musim depan disesuaikan dengan regulasi pemain asing AFC dari 3+1 menjadi 5+1 untuk turnamen antarklub 2023/2024. Lima plus satu maksudnya lima pemain asing bebas dan satu dari Asia.

Selain pemain asing, PT LIB juga menetapkan regulasi pemain U-23. Setiap klub harus memainkan satu pemain U-23 sebagai starter selama minimal 45 menit.

"Jika pemain tersebut digunakan untuk Timnas Indonesia, maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada klub," imbuh PT LIB.

"Kuota maksimal pemain per klub 35 pemain. Dengan ketentuan, batas usia minimal kelahiran 1 Juli 2006," jelas PT LIB.

3 dari 6 halaman

Periode Bursa Transfer

Sementara itu, bursa transfer putaran pertama Liga 1 akan berlangsung pada 12 Juni-3 September 2023, sementara jendela transaksi periode kedua pada 1-28 November 2023.

"Khusus untuk Liga 1, baik pendaftaran pemain lokal dan asing untuk didaftarkan dalam LIAS akan ditutup pada 20 Juli 2023," ungkap PT LIB.

PSS Sleman dan Persita Tangerang menjadi dua klub yang telah melengkapi kuota pemain asing 5+1 untuk Liga 1 musim depan.

4 dari 6 halaman

Pemain Asing PSS Sleman dan Persita Tangerang Sudah Lengkap

PSS telah mengontrak Yevhen Bokhashvili, Jonathan Bustos, Kei Snao, Thales, dan Jihad Ayoub sebagai lima pemain asing bebas serta Anthony Pinthus yang menjadi satu personel ASEAN.

Sementara, Persita sudah mengamankan Ramiro Fergonzi, Ezequiel Vidak, Mateo Bustos, Bae Sin-young, dan Javlon Guseynov untuk masuk lima pemain asing bebas, serta Christian Rontini untuk satu personel ASEAN.

5 dari 6 halaman

Highlight Regulasi Pemain Liga 1 2023/2024

a) Kuota maksimal pemain per klub 35 Pemain, dengan ketentuan batas usia pemain minimal kelahiran 1 Juli 2006;

b) Kewajiban memainkan pemain minimal 1 (satu) pemain U-23 (kelahiran maksimal 1 Juli 2001) dalam starting XI dengan durasi bermain minimal 45 (empat puluh lima) menit, jika pemain tersebut digunakan untuk Timnas Indonesia, maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada klub.

c) Kuota pemain asing yang didaftarkan sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan;

d) Periode Transfer Matching System (TMS):

  • Periode I: 12 Juni–3 September 2023
  • Periode II: 1- 28 November 2023

e) Khusus untuk Liga 1, baik pendaftaran pemain lokal dan asing untuk didaftarkan dalam LIAS akan ditutup pada 20 Juli 2023.

6 dari 6 halaman

Persaingan Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer