Sukses


Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023, Legenda 1991: Mereka Pantas Juara!

Bola.com, Kediri - Timnas Indonesia meraih medali emas sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Tim besutan Indra Sjafri ini sukses mengandaskan musuh bebuyutannya, Thailand, dengan skor 5-2 secara dramatis di Stadion National Olympic Stadium Phom Penh, Selasa (16/5/2023).

Prestasi ini bak air penghilang dahaga bagi sepak bola Indonesia. Pasalnya, Timnas Indonesia harus menunggu selama 32 tahun sejak jadi kampiun pada SEA Games 1991.

Kashartadi, pemain sayap yang ikut merebut emas pada 1991, menilai Rizki Ridho dkk. memang pantas juara.

"Dari permainan di lapangan, saya nilai kualitas tim Indonesia sedikit di atas Thailand," katanya.

Kelebihan itu, lanjut Kashartadi, menyangkut berbagai aspek. Mulai skill individu, kerjasama tim, fisik, dan mental bertanding.

"Indonesia punya semua modal untuk mengalahkan Thailand. Misalnya kualitas personal, tim, fisik, dan mental. Ini membuat para pemain memiliki kepercayaan diri tinggi di permainan," ujar mantan pemain Timnas Indonesia di SEA Games 1991 itu.

 

2 dari 3 halaman

Mentalitas yang Luar Biasa

Kashartadi yang sekarang alih profesi menjadi pelatih tersebut sangat salut dengan mental pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2023.

Pasalnya, selama ini mental penggawa Indonesia selalu jatuh duluan jika bersua Thailand di berbagai ajang turnamen sepak bola.

"Mental anak-anak luar biasa. Mereka menghilangkan perasaan inferior dari Thailand. Ini sangat penting bagi Indonesia. Saya lihat kekuatan mental ini, karena pemain yakin dengan kemampuan sendiri," tuturnya.

Kashartadi juga mengamati tim asuhan Indra Sjafri sangat kompak.

"Tak mudah bagi Indra Sjafri membangun tim seperti ini. Dengan waktu singkat, dia bisa memilih skuad terbaik dari anak-anak bangsa menjadi tim yang kompak," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer