Sukses


Medali Emas SEA Games 2023 Tandai Kembalinya Kejayaan Sepak Bola Indonesia di Asia Tenggara

Bola.com, Jakarta Medali emas yang diraih Timnas Indonesia U-22 setelah menumbangkan Thailand di final SEA Games 2023, menjadi penanda jika kejayaan sepak bola Indonesia perlahan mulai kembali.

Kesuksesan Timnas Indonesia U-22 diraih lewat pertandingan yang penuh drama saat menggilas Thailand dengan skor 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) malam hari WIB.

Awalnya, kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2 pada waktu normal. Dua gol Indonesia dicetak Ramadhan Sananta (21’ dan 45+6’). Namun, Thailand sempat menyamakan kedudukan via Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakorn Burapha (90+10’).

Pada babak tambahan waktu, Timnas Indonesia U-22 sukses mengunci kemenangan lewat gol yang dicetak Irfan Jauhari (92’), Fajar Fathur Rahman (107’), dan Beckham Putra Nugraha (120’).

 

2 dari 4 halaman

Sepak Bola Indonesia Kembali Berjaya di Asia Tenggara

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023 mendapat sambutan hangat dan apresiasi dari Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi.

Menurut mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu, tinta emas yang ditorehkan Rizky Ridho dan kawan-kawan turut mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia, terutama di kancah ASEAN.

Pasalnya, sudah lama sekali Indonesia tak meraih gelar di level ini. Khusus untuk persaingan di SEA Games, medali emas ini turut mengakhiri penantian panjang selama 32 tahun setelah terakhir diraih pada edisi 1991.

"Alhamdulillah, setelah 32 tahun, akhirnya kita berhasil merebut kembali medali emas sepak bola di ajang SEA Games," ujar Yoyok Sukawi kepada awak media, Selasa (16/5/2023).

"Keberhasilan meraih medali emas ini turut mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia di kancah Asia Tenggara," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Keberhasilan Berkat Andil Banyak Pihak

Selain mengapresiasi perjuangan tim pelatih dan pemain Timnas Indonesia U-22, Yoyok Sukawi pun turut memberikan ucapan selamat kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan jajaran pengurus federasi.

Selain itu, dia juga menyebut bahwa klub-klub dari kasta terendah hingga level tertinggi turut mengambil peran dalam mencetak generasi Timnas Indonesia U-22 yang mampu meraih emas di SEA Games 2023.

"Selamat kepada Ketua Umum PSSI dan jajaran, serta tim pelatih dan seluruh pemain Timnas Indonesia U-22," kata Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah itu.

"Terima kasih seluruh klub Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang tahun ini telah berhasil mencetak generasi emas," ia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Liputan SEA Games 2023 di Bola.com

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer