Sukses


Bek Thailand yang Mau Pensiun Tengil di Podium SEA Games 2023, Lempar Medali Perak ke Tribune Penonton

Bola.com, Phnom Penh - Bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee, melempar medali perak dan boneka maskot SEA Games 2023 ke penonton di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Khemdee terlihat kecewa karena Thailand U-22 gagal meraih medali emas SEA Games 2023 setelah dibantai Timnas Indonesia U-22 dengan skor 2-5 di final.

Sebelumnya, Khemdee juga bergaya tengil dalam prosesi penyerahan medali perak. Palang pintu keturunan Denmark tersebut menyerobot maskot dan medali perak.

"Saya merasa kecewa," ujar Khemdee dalam video yang diunggah Main Stand di Facebook.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Sindir Brace Ramadhan Sananta

Bek berusia 21 tahun itu juga menyindir brace penyerang Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta, sebagai suatu kebetulan dan tidak menunjukkan sportivitas.

"Gol pertama Timnas Indonesia adalah gol keberuntungan dan gol kedua adalah kesalahan besar dari wasit," ungkap Khemdee.

"Ketika Anda bermain sepak bola, Anda perlu memiliki jiwa fair play. Kami sedang menguasai bola sebelumnya. Mereka lalu menendang dan merebutnya," tutur Khemdee.

3 dari 7 halaman

Salahkan Wasit

Ketidakpuasaan Khemdee itu merujuk ketika wasit memberikan bola fair play kepada Timnas Indonesia U-22. Bola drop ball jatuh di kaki Rizky Ridho. Bek berusia 21 tahun itu lalu melepaskan umpan panjang ke Sananta.

Sananta berhasil menang duel dengan bek lawan untuk melakukan sontekan yang melewati kiper Thailand U-22, Soponwit Rakyart.

"Saya merasa wasit tidak bisa mengontrol permainan. Banyak kesalahan yang dilakukan wasit," imbuh Khemdee.

4 dari 7 halaman

Pensiun

Dalam partai itu, wasit Matar Ali Al-Hatmi Qasim dari Oman memberikan lima kartu merah kepada Thailand U-22. Kelimanya untuk Khemdee, Soponwit Rakyarat, Teerasak Poeiphiman, serta dua ofisial.

Sementara, Matar Ali juga mengusir keluar bek Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh Krisnanda.

Sebelumnya, Khemdee menyatakan akan pensiun setelah melawan Timnas Indonesia U-22 di babak final SEA Games 2023 Kamboja.

Khemdee tidak akan membela Thailand lagi setelah SEA Games 2023. Namun, bek tengah berpostur 191 cm itu tetap bakal berkarier di level klub bersama Ratchaburi di kompetisi Negeri Gajah Putih.

5 dari 7 halaman

Ungkapan Jonathan Khemdee

"Halo semua penggemar sepak bola. Pertandingan ini akan menjadi penampilan terakhir saya untuk Thailand," tulis Khemdee dalam akun Instagramnya, @jkhemdee17, Selasa (16/5/2023).

Jonathan Khemdee tidak menjelaskan secara spesifik alasan pensiun dari Thailand. Sebagai hadiah perpisahan, pemain kelahiran 9 Mei 2002 itu ingin mempersembahkan medali emas.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang mendukung dan mengikuti saya serta mendorong saya sepanjang waktu," kata Khemdee.

"Saya berharap saya bisa memenangkan medali emas untuk semua orang di Thailand dan menyelesaikan pertandingan terakhir saya untuk tim ini dengan baik," jelasnya.

6 dari 7 halaman

Gaya Tengil Jonathan Khemdee

7 dari 7 halaman

Bola.com di Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer