Sukses


Efek Perubahan Regulasi Kuota Pemain Asing di Liga 1: Tenaga Impor Meningkat 50 Persen, Kans Pemain Lokal Kian Menipis

Bola.com, Jakarta - Perubahan regulasi penggunaan pemain asing di Liga 1 musim depan bakal membuat kompetisi kasta tertinggi dibanjiri pemain impor. Sebab, kini setiap kontestan bisa mendaftarkan enam pemain asing.

Kuota penggunaan pemain asing terbaru ini mengacu pada regulasi yang telah ditetapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Jika sebelumnya klub diizinkan mendaftarkan empat nama, kini jumlahnya melonjak menjadi enam nama dengan skema 5+1.

Skema 5+1 ini berarti bahwa ada lima pemain asing asal negara bebas dan satu dari Asia Tenggara yang dapat didaftarkan klub Liga 1 untuk musim depan. PT LIB juga memastikan bahwa semua personel impor ini bisa dimainkan dalam setiap laga.

Dengan kata lain, tidak ada pembatasan kuota pemain asing yang dimasukkan dalam daftar susunan pemain. Hal ini berpotensi memangkas kesempatan pemain lokal untuk mendapat menit bermain di Liga 1.

2 dari 4 halaman

Jumlah Pemain Asing Melimpah

Apabila mengacu pada musim lalu yang menerapkan kuota 3+1, artinya ada total 72 pemain asing yang tampil di Liga 1 2022/2023. Hal ini dengan asumsi bahwa 18 kontestan menggunakan kuotanya dengan mengontrak empat pemain asing.

Perubahan regulasi penggunaan pemain asing ini bakal berimbas pada lonjakan personel impor sebesar 50% jika 18 klub menggunakan enam pemain asing pada musim depan. Sebab, diperkirakan ada sekitar 108 pegawai asing yang meramaikan Liga 1.

Dengan hadirnya enam pemain asing di setiap klub tanpa pembatasan penggunaan dalam daftar susunan pemain, artinya hanya ada lima pemain lokal yang bisa menjadi starter. Jumlah ini menurun dari yang sebelumnya ada tujuh pemain lokal dalam skema 3+1.

Bukan tidak mungkin, modifikasi regulasi kuota pemain asing yang mengacu aturan AFC ini membuat pemain lokal semakin tersisih dari posisinya.

3 dari 4 halaman

Negara Paling Dominan di Liga 1

Menurut daftar pemain asing yang berkarier di Liga 1 pada musim 2022/2023, Brasil memang menjadi negara paling dominan karena menyumbang jumlah pemain terbanyak. 

Sebab, ada total 25 pemain asal Negeri Samba yang mengadu nasibnya di Indonesia. Selanjutnya, Jepang menduduki urutan kedua dengan total tujuh pemain dan diikuti Argentina dengan empat pemain.

Jumlah ini memang diperkirakan bakal kembali meningkat. Sebab, dari Brasil, sudah ada tiga pemain baru yang bakal meramaikan Liga 1. Mereka adalah Thales (PSS Sleman), Pedro Paulo (Persik Kediri), dan Bruno Moreira (Persebaya Surabaya).

Sementara dari Jepang, PSS Sleman juga telah merekrut Kei Sano pada bursa transfer ini. Adapun satu pemain asal Argentina sudah resmi merapat ke Persita Tangerang, yakni Mateo Bustos.

4 dari 4 halaman

Dua Klub Lengkapi Komposisi Pemain Asing

Jika melihat pergerakan klub-klub Liga 1 untuk menghadapi musim depan, sejauh ini hanya ada dua kontestan yang sudah melengkapi komposisi pemain asingnya dengan skema 5+1. Kedua klub yang dimaksud ialah PSS Sleman dan Persita Tangerang.

PSS Sleman memang sudah memiliki enam pemain asing, yaitu Yevhen Bokhasvili, Jonathan Bustos, Kei Sano, Thales, Anthony Pinthus dan Jihad Ayoub. Khusus pemain yang disebut terakhir, pengumuman perpanjangan kontrak akan dirilis dalam waktu dekat. 

Sementara itu, enam pemain asing milik Persita Tangerang musim depan ialah Ramiro Fergonzi, Bae Sin-young, Javlon Guseynov, dan Ezequiel Vidal. Dua pemain terbarunya yakni Mateo Bustos dan Christian Rontini.

Video Populer

Foto Populer