Sukses


Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Winger PSS: Prestasi Luar Biasa!

Bola.com, Sleman - Winger PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila, bangga dengan pencapaian luar biasa Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Tim Garuda Muda baru saja meraih medali emas setelah menumbangkan Thailand dengan skor 5-2, pada partai final di Stadion National Olympic, Phom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Parade gol Timnas Indonesia U-22 dicetak via brace Ramadhan Sananta pada menit ke-21 dan 45+3'. Kemudian, Irfan Jauhari (93'), Fajar Fathur Rahman (107'), serta Beckham Putra (120').

Sementara itu, Thailand cuma mampu membalas lewat Anan Yogsangwal (64') dan Yotsakorn Burapha (90+8').

Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Timnas Indonesia U-22. Butuh waktu 32 tahun lamanya untuk membawa pulang medali emas ke Tanah Air. Medali emas SEA Games ini menjadi yang ketiga diraih Indonesia, setelah 1987 dan 1991.

 

2 dari 4 halaman

Lega!

Maka tak heran kalau euforia kemenangan masih terasa sampai sekarang. Seperti dirasakan Irkham Zahrul Mila. Pemain asal Tegal, Jawa Tengah itu lega akhirnya penantian panjang itu berakhir tahun ini.

"Ya pertama saya ucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-22 yang sudah menjuarai SEA Games dan membawa pulang emas setelah penantian kurang lebih 32 tahun," ujar Irkham Mila kepada Bola.com, Kamis (18/5/223) pagi.

"Ikut lega akhirnya Indonesia mendapatkan emas di cabang olahraga sepak bola SEA Games. Perjuangan teman-teman pemain sangat luar biasa di turnamen kali ini," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Punya Motivasi

Perjalanan Garuda Muda di SEA Games edisi kali ini terbilang istimewa. Mereka mencatatkan torehan sempurna dengan menyapu bersih semua laga.

Mencetak total 21 gol dan cuma kebobolan lima gol. Dalam enam pertandingan, Timnas Indonesia U-22 mencatat tiga kali cleansheet.

"Menurut saya penampilan Timnas Indonesia U-22 sangat bagus. Anak-anak mempunyai motivasi untuk mendapatkan medali emas. Tentunya disertai kerja keras dari semua elemen tim, karena laga-laga kemarin juga berat lawan-lawannya," kata Irkham.

Apa yang dikatakan Irkham Mila ada benarnya. Tak semua laga dilalui Rizky Ridho dkk. dengan mulus. Mereka sering kesulitan membongkar pertahanan lawan yang bermain defensif. Untungnya, situasi tersebut bisa segera teratasi.

 

4 dari 4 halaman

Tergabung di Skuad SEA Games 2019

Selama berkarier di lapangan hijau, Irkham Zahrul Mila sudah pernah mencicipi panggung SEA Games. Dia tergabung dalam skuad Merah-Putih di SEA Games 2019 Filipina. Di sana, dia mencatatkan satu kali penampilan.

Meski begitu, pengalaman tersebut cukup membekas buat Irkham Mila. Terasa istimewa karena untuk kali pertama dirinya tampil di ajang internasional bersama Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri.

Winger berusia 25 tahun itu melakoni debutnya dalam pertandingan kontra Vietnam. Sayangnya, Indonesia dipaksa menyerah 1-2 dari Vietnam pada laga ketiga Grup B (1/12/2019).

Adapun pada SEA Games tersebut, Indonesia harus puas membawa pulang medali perak setelah di partai final kalah 0-3 dari Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Video Populer

Foto Populer