Sukses


5 Potensi Perpindahan Pemain yang Bisa Bikin Heboh Liga 1: Ramadhan Sananta, Bertahan di PSM atau Cabut Nih?

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2023/2024 dipastikan bakal berjalan sengit. Perubahan regulasi pemain asing menjadi salah satu faktor yang bakal meningkatkan kualitas liga.

Pada BRI Liga 1 2022/2023, klub-klub hanya diperbolehkan merekrut 3 pemain asing bebas dan 1 pemain Asia. Tetapi regulasi terbaru menyebut setiap kontestan bisa mengontrak hingga 5 pemain bebas dan 1 pemain ASEAN.

Tambahan dua pemain asing ini membuat bursa transfer berjalan menarik. Tidak hanya pasar ekspatriat, kebutuhan pemain lokal berkualitas juga meningkat.

Andai klub memainkan semua pemain asingnya, praktis hanya ada lima slot tersisa bagi pemain lokal. Yang mana salah satu diantaranya harus berusia di bawah 23 tahun.

Kebutuhan pemain lokal berkualitas bakal membuat klub-klub raksasa bersedia melakukan apapun untuk membajak pemain bertalenta yang tersedia di pasaran.

Berikut lima potensi perpindahan pemain yang bakal menggemparkan publik Tanah Air di bursa transfer kali ini. Siapa saja mereka?

 

2 dari 6 halaman

M. Ramadhan Sananta

M. Ramadhan Sananta langsung menghadirkan kejutan di musim debutnya di kompetisi profesional. Sebagai pemain 'nomor 9', ia mampu bersaing dengan penyerang asing dan membuktikan kapasitasnya.

Ia berhasil menciptakan 11 gol untuk PSM Makassar dan mempersembahkan gelar juara liga untuk kali pertama sejak 23 tahun.

Kemudian, ia tampil gemilang selama SEA Games 2023, menjadi top scorer dengan catatan lima gol, dan membawa pulang medali emas sejak 1991 silam.

Dengan usia yang masih sangat muda dan kualitas yang dimilikinya, tak heran bila Sananta jadi primadona di bursa transfer kali ini. Apa lagi, ia belum mendapatkan garansi bakal tetap bersama Juku Eja musim depan.

  • Klub saat ini: PSM
  • Rumor: Persis, Persija

 

3 dari 6 halaman

Zulfiandi

Zulfiandi memutuskan hengkang dari Madura United setelah bersama tim sejak 2019 silam. Walau sempat terganggu cedera, pemain asal Aceh itu tetap dipandang sebagai salah satu aset besar di pos gelandang tengah.

Pemain yang mulai meroket namanya sejak membawa tim Indonesia U-19 meraih juara di AFF Cup U-19 2003 lalu itu memang tampil menonjol di lini tengah.

Perawakan tinggi dan visi istimewa membuatnya jadi salah satu kunci memenangkan ruang mesin permainan.

Beberapa tim langsung dikaitkan dengannya setelah Madura United merilis pengumuman kepergiannya. Tetapi hingga saat ini, pemain berusia 27 tahun itu masih bungkam.

  • Klub sebelumnya: Madura United
  • Rumor: Persib, Dewa United

 

4 dari 6 halaman

Samsul Arif Munip

Samsul Arif Munip masih jadi primadona di bursa transfer kali ini. Penyerang asal Bojonegoro itu membuktikan mampu beradaptasi dengan zaman dan tetap jadi pilihan utama di lini serang.

Entah bermain sebagai penyerang tengah ataupun sayap, pemain berusia 38 tahun itu masih mampu menjaga ketajamannya.

Walaupun menit bermainnya terus menurun, ia tetap mampu menghadirkan sesuatu untuk tim yang dibelanya.

Pemain dengan caps terbanyak di Liga 1 ini baru saja dilepas oleh Persis Solo. Kembali ke Jawa Timur mungkin jadi opsi ideal yang bakal diambilnya di pasar transfer kali ini.

  • Klub sebelumnya: Persis
  • Rumor: Persik, Dewa United

 

5 dari 6 halaman

Rizky Pellu

Rizky Pellu merupakan salah satu gelandang lokal terbaik di Indonesia. Tak hanya mampu mendistribusikan bola dengan baik, pemain berusia 30 tahun itu juga pintar dalam mematikan pemain kunci lawan.

Gelandang Persija Jakarta, Hanno Behrens sempat dibuat tak berkutik olehnya di awal kompetisi BRI Liga 1 2022/23. Tetapi sayangnya, Pellu tak lagi masuk dalam daftar skuad di putaran kedua musim lalu.

Bali United pun akhirnya melepasnya di bursa transfer kali ini. Tetapi hingga sebulan setelah pengumuman tersebut, ia belum memutuskan ke mana bakal berlabuh musim depan.

  • Klub sebelumnya: Bali United
  • Rumor: PSM, PSS

 

6 dari 6 halaman

M. Alwi Slamat

M. Hidayat dipastikan bakal bertahan di Persebaya Surabaya musim depan. Tetapi itu juga memicu tanda tanya sebab rekan sehatinya di lapangan tengah, M. Alwi Slamat tak ikut diumumkan bakal tetap berada di klub Kota Pahlawan tersebut.

Menilik permainanya setahun belakangan, pria yang menjabat sebagai kapten tim ini sejatinya tak bermain buruk-buruk amat.

Konsistensinya di lapangan tengah membuatnya terus dipercaya sebagai katalisator permainan. Andai benar-benar dilepas oleh Persebaya, pemain asal Tulehu itu dipastikan tak akan kurang peminat.

Sederet klub menantikan mencicipi jasanya dalam mengatur permainan dari lapangan tengah.

  • Klub saat ini: Persebaya
  • Rumor: Persib, Madura United

Video Populer

Foto Populer