Sukses


Ramadhan Sananta, Bomber Muda yang Langsung Sabet Gelar Juara Bersama PSM dan Timnas Indonesia

Bola.com, Yogyakarta - Sudah bisa dipastikan 2023 menjadi tahun yang tidak akan terlupakan untuk Ramadhan Sananta, bomber muda milik PSM Makassar dan Timnas Indonesia. Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, pemain berusia 20 tahun itu sukses menyabet dua gelar juara.

Dua gelar juara yang dimaksud adalah trofi BRI Liga 1 2022/2023 bersama PSM Makassar dan medali emas SEA Games 2023 bersama Timnas Indonesia U-22.

Nama Ramadhan Sananta terus melambung seiring prestasi yang ditorehkan penyerang kelahiran Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri itu. Ini menjadi pencapaian istimewa, terutama ketika membawa Timnas Indonesia U-22 meraih emas SEA Games.

Butuh waktu hingga 32 tahun lamanya untuk bisa mendapatkan kembali medali emas SEA Games dari cabang olahraga sepak bola.

Ini merupakan medali emas ketiga yang diraih Timnas Indonesia di SEA Games, di mana dua lainnya diraih pada 1987 dan 1991. Ramadhan Sananta pun berhasil membantu terwujudnya mimpi meraih kembali emas SEA Games itu.

2 dari 5 halaman

Cetak Brace di Final SEA Games 2023

 

Ramadhan Sananta menjadi satu di antara beberapa pemain yang paling menonjol saat Timnas Indonesia U-22 sukses mempermalukan Thailand dengan skor 5-2 dalam partai final SEA Games 2023 di Stadion National Olympic, Phom Penh, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Pada laga ini Sananta mencetak brace alias dua gol di babak pertama untuk keunggulan Tim Garuda Muda. Sayangnya, Sananta tidak bermain penuh dalam kemenangan timnya. Dia terpaksa ditarik keluar pada paro kedua, tepatnya di menit ke-54 dan digantikan oleh Irfan Jauhari.

Tambahan dua gol itu membuatnya melesat ke puncak daftar pencetak gol terbanyak SEA Games 2023. Lima koleksi gol Sananta sejajar dengan kompatriotnya Fajar Fathur Rahman dan striker Vietnam, Nguyen Van Tung.

Bermain di bawah asuhan Indra Sjafri, Sananta diplot sebagai ujung tombak andalan Garuda Muda. Dia mengisi tempat penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka, yang dicoret dari skuad utama.

Hasilnya pun tidak mengecewakan. Indra Sjafri tidak salah memilih mantan penyerang Persikabo 1973 itu. Ramadhan Sananta mampu menunjukkan ketajamannya sepanjang turnamen.

3 dari 5 halaman

Andalan PSM Makassar

Pemain kelahiran 27 November 2002 itu dikenal memiliki kemampuan finishing yang baik. Sosok striker ulet dengan insting mematikan dalam menjebol gawang lawan.

Performa apiknya di lapangan sudah dibuktikan Ramadhan Sananta saat mengantarkan PSM Makassar kampiun Liga 1 2022/2023.

Ramadhan Sananta menjadi salah satu pilar penting PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023. Sananta menjelma menjadi mesin gol baru Juku Eja. Dia tampil memukau sepanjang musim.

Dalam 24 penampilan, Sananta sukses membukukan 11 gol plus dua assist. Pemain bernama lengkap Muhammad Ramadhan Sananta itu menjadi pemain lokal paling produktif di kasta teratas Liga Indonesia.

Dia mengungguli Dendy Sulistyawan dari Bhayangkara FC dan Dedik Setiawan dari Arema FC yang sama-sama mencetak sembilan gol.

Sananta juga memecahkan rekor sebagai pemain U-23 tersubur dalam semusim di Liga 1. Dia melampaui torehan sembilan gol milik Ilham Udin Armayn pada musim 2017 serta Osvaldo Haay dan Dendy Sulistyawan di Liga 1 2018.

 

4 dari 5 halaman

Melejit

Untuk performa ciamik itu, tidak heran kalau pemain bernama lengkap Muhammad Ramadhan Sananta itu mendadak jadi primadona bagi pecinta sepak bola Tanah Air.

Padahal tahun lalu, tak banyak yang mengenal sosok berpostur 182 cm tersebut.

Bahkan, dua tahun lalu Sananta masih bermain di kompetisi kasta ketiga Liga Indonesia. Dia bergabung dengan PS Harjuna Putra musim 2021/2022, sebelum akhirnya pindah ke Persikabo 1973 pada Januari 2022.

Selama bermain di pentas Liga 3, Ramadhan Sananta sudah menunjukkan tajinya. memukau dengan membukukan 9 gol dari 12 penampilan.

Berawal dari Liga 3, kini dia menjadi pahlawan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Tentu ini menjadi sebuah pencapaian luar biasa sekaligus awal karier yang bagus buat pemain bernomor punggung 9 di PSM Makassar itu.

5 dari 5 halaman

Biodata Ramadhan Sananta

Nama: Muhammad Ramadhan Sananta

Tempat lahir: Daik, Kab. Lingga, Kepulauan Riau

Tanggal lahir: 27 November 2002 (20 tahun)

Tinggi badan: 182 cm

Posisi: Penyerang

Kaki terkuat: Kanan

Klub:

  • 2021-2022: PS Harjuna Putra
  • 2022: Persikabo 1973
  • 2022-Saat ini: PSM Makassar

Video Populer

Foto Populer