Sukses


Sah! Ivar Jenner dan Rafael Struick Jadi WNI, Selangkah Lagi Bisa Bermain untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick telah tuntas. Kedua pemain kelahiran Belanda itu sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Ivar Jenner dan Rafael Struick baru saja menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Senin (22/5/2023).

Dari foto-foto yang beredar di media sosial, Ivar Jenner dan Rafael Struick mengenakan setelan jas dan peci hitam plus dasi merah.

Prosesi pengukuhan Ivar Jenner dan Rafael Struick dikabarkan berlangsung tertutup. Situasi ini bertolak belakang ketimbang naturalisasi beberapa pemain sebelumnya.

2 dari 4 halaman

Bermain untuk Jong Utrecht

Ivar Jenner dan Rafael Struick tiba di Indonesia pada Minggu (22/5/2023). Keduanya baru saja menuntaskan kompetisi di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda.

Membela Jong Utrecht pada musim 2022/2023, Ivar Jenner yang berposisi sebagai gelandang bermain 13 kali di Eerste divisie dengan perolehan nol gol, nihil assist, namun mendapatkan empat kartu kuning.

Ivar Jenner masih berusia 19 tahun. Darah Indonesia pemain berpostur 186 cm itu berasal dari neneknya yang lahir di Jember, Jawa Timur.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Shin Tae-yong

Sementara, Rafael Struick memperkuat ADO Den Haag. Namun, penyerang berumur 20 tahun itu hanya bermain dua kali dengan catatan 11 menit pada musim lalu.

Garis keturunan Rafael Struick didapat dari neneknya yang asli Semarang, Jawa Tengah.

Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick direkomendasikan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong buat Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia yang berujung pembatalan.

4 dari 4 halaman

Perpindahan Asosiasi

Sesudah menjadi WNI, Ivar Jenner dan Rafael Struick masih harus melalui perpindahan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.

Jika sudah disetujui FIFA, maka Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah bisa membela Timnas Indonesia level senior maupun usia merujuk dari usia keduanya.

Video Populer

Foto Populer