Sukses


Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick Bikin Persaingan di Timnas Indonesia Makin Ketat

Bola.com, Jakarta - Dua pemain muda kelahiran Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Naturalisasi keduanya bikin persaingan di Timnas Indonesia makin ketat.

Ivar Jenner masih berusia 19 tahun dan berposisi sebagai gelandang. Mengacu Transfermarkt, pemain keturunan Jember, Jawa Timur, itu berperan sebagai pemain nomor enam dan delapan.

Sementara, Rafael Struick berumur 20 tahun. Merujuk Transfermarkt, pemain ADO Den Haag di kasta kedua Liga Belanda itu terbiasa bermain menjadi winger kiri, namun juga bisa beraksi sebagai penyerang tengah dan kanan.

Usia keduanya masih mencukupi untuk membela Timnas Indonesia U-22/U-23 yang dihadapkan dengan jadwal padat di tahun ini mulai dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Asian Games 2022, hingga Piala AFF U-22 2023.

2 dari 4 halaman

Bisa Dipanggil ke Timnas Indonesia

Selain itu, jika dirasa pantas, keduanya juga bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni dan September 2023 sampai Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober tahun ini.

Ivar Jenner bakal bersaing dengan Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya, hingga Rachmat Irianto di Timnas Indonesia. Di timnas U-22/U-23, pemain Jong Utrecht di divisi kedua kompetisi Belanda itu bakal berebut tempat dengan Ananda Raehan, Taufany Muslihuddin, Beckham Putra, sampai Alfeandra Dewangga.

Sementara, Rafael Struick akan mencoba menembus lini depan Timnas Indonesia yang dikuasai Ramadhan Sananta, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, sampai Egy Maulana Vikri.

3 dari 4 halaman

Bersaing Sehat

Di timnas U-22/U-23, Rafael Struick bakal berkompetisi dengan Sananta, Witan, Fajar Fathur Rahman, Irfan Jauhari, Titan Agung, sampai Jeam Kelly Sroyer.

Ivar Jenner dan Rafael Struick baru saja menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Senin (22/5/2023).

"Alhamdulillah, Jenner dan Struick sudah menjalankan prosesi pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada hari ini," ujar Ketua PSSI, Erick Thohir, dinukil dari laman PSSI.

"Para pemain lain tentu akan makin termotivasi untuk bersaing secara sehat, meningkatkan kemampuan agar dipilih menjadi bagian dari Skuad Garuda," kata Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Perpindahan Federasi

Saat ini, PSSI tengah mengurus perpindahan Ivar Jenner dan Rafael Struick dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA. Setelah itu, keduanya baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia maupun timnas U-22/U-23.

Agenda terdekat Timnas Indonesia adalah uji coba dengan Timnas Palestina pada 14 Juni 2023 dan Timnas Argentina pada lima hari berselang.

Sementara, timnas U-22/U-23 kabarnya bakal berlatih tanding dengan raksasa Liga Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors pada 17 Juni 2023.

Video Populer

Foto Populer