Sukses


Berbekal Periodisasi dan Uji Coba, Persis Punya Waktu Cukup Hadapi Liga 1 2023 / 2024

Bola.com, Persis - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, sudah menyiapkan program persiapan yang bakal dijalani anak asuhnya selama periode pramusim menuju Liga 1 musim depan.

Jika merujuk pada jadwal penyelenggaraan Liga 1 2023/2024 yang akan bergulir pada 1 Juli tahun ini, terdapat sekitar 40-an sesi latihan yang bakal dilahap para pemain Persis Solo.

Tak hanya itu saja, Leonardo Medina juga telah merancang agenda uji coba melawan beberapa klub. Menurut rencana, laga latih tanding itu akan digelar secara terbuka maupun tertutup untuk penonton

"Waktu persiapan kami cukup, karena kami sudah menyiapkan periodisasi. Kami memiliki sekitar 45 sampai 50 sesi latihan," kata Leonardo Medina.

"Selain itu, kami juga sudah berencana menggelar lima sampai enam pertandingan uji coba selama masa pramusim ini," imbuh pelatih Persis Solo tersebut. 

 

2 dari 5 halaman

Kondisi Pemain Sangat Baik

Dalam sesi latihan pertama Persis Solo, Leonardo Medina juga menyampaikan kondisi kebugaran anak asuhnya sudah baik meskipun sempat menjalani masa libur selama sebulan setelah Liga 1 musim lalu berakhir.

Indikator itu didapatkan pelatih asal Meksiko tersebut setelah menggelar tes fisik pada masa-masa awal persiapan. Hasilnya, kondisi kebugaran Eky Taufik dan kawan-kawan cukup memuaskan.

"Semua pemain dalam kondisi yang sangat baik. Saya sangat senang karena mereka kembali secara bertanggung jawab dan menjaga kondisi fisik mereka," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Genjot Fisik Pemain

Mantan asisten pelatih Johor Darul Takzim (JDT) itu mengatakan, target awal yang akan dicapai Persis Solo pada pramusim ialah meningkatkan level kebugaran dari para pemain.

Setelah itu, tim pelatih akan memberikan pemahaman terhadap aspek taktikal permainan. Pelatih yang akrab disapa Leo ini berharap, semua anak asuhnya bisa segera memahami model permainan Persis Solo untuk musim depan.

"Untuk masa-masa awal persiapan, target kami saat ini ialah untuk meningkatkan aspek kebugaran dari para pemain," kata pelatih berusia 52 tahun itu.

"Setelah itu, saya akan mulai mengenalkan beberapa aspek teknik seperti shifting dan passing. Karena kami juga harus fokus dalam bertahan dan juga melakukan operan," ia menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Belum Umumkan Pemain Baru

Sejauh ini, Persis Solo memang belum mengumumkan nama-nama pemain rekrutannya, baik itu amunisi asing maupun lokal, di bursa transfer. Mereka memang baru merilis pemain yang dipertahankan untuk musim depan.

Setidaknya, sudah ada sembilan nama pemain yang resmi mendapatkan perpanjangan kontrak dari Laskar Sambernyawa. Rian Miziar menjadi nama yang terbaru.

Sebelumnya, sudah ada tiga pemain asing yang mendapat kontrak baru. Mereka ialah Fernando Rodriguez, Jaimerson da Silva, dan Alexis Messidoro.

Adapun tujuh nama pemain lokal yang dipastikan bertahan ialah Arif Budiyono, Gavin Kwan Adsit, Arapenta Poerba, Kanu Helmiawan, Irfan Jauhari, hingga Eky Taufik.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Akhir Liga 1 musim Lalu:

Video Populer

Foto Populer