Sukses


Mantan Pelatih Thailand Asal Jepang Bakal Jadi Direktur Teknik PSSI Gantikan Indra Sjafri?

Bola.com, Tokyo - Kabar mengejutkan beredar di Thailand pada Selasa (23/5/2023). Media Thailand, Thairath mengabarkan Akira Nishino akan ditunjuk menjadi Direktur Teknik PSSI.

Kabar tersebut berembus setelah PSSI melakukan kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) pada Senin (22/5/2023). Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa hal termasuk kerja sama pengembangan sepak bola Indonesia.

"Ada laporan Akira Nishino, mantan pelatih Thailand, akan duduk di kursi baru sebagai Direktur Teknik dari Asosiasi Sepak Bola Indonesia," tulis berita dari Thairath.

Akira Nishino saat ini memang sedang menganggur. Sejak dipecat dari Timnas Thailand pada 2021, pelatih asal Jepang itu belum lagi bekerja.

Posisi Direktur Teknik PSSI juga sedang lowong. Seperti diketahui, Indra Sjafri akan difokuskan bersama Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games dan Kualifikasi Olimpiade 2024.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Panjang

Akira Nishino memang sudah punya pengalaman panjang di dunia kepelatihan. Memulai debut sebagai pelatih pada 1991, Akira Nishino sudah menukangi sejumlah tim.

Akira Nishino pernah melatih Timnas Jepang senior, Jepang U-20, dan U-23. Adapun di level klub, pelatih berusia 68 tahun itu pernah menukangi Kashiwa Reysol, Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan Nagoya Grampus.

Satu-satunya pengalaman Akira Nishino di luar negeri adalah ketika menjadi pelatih Timnas Thailand senior dan U-22 pada 2019.-2021 Menarik untuk menantikan kelanjutan karier dari pemilik lisensi Pro UEFA itu.

3 dari 3 halaman

Rapor Bagus

Akira Nishino punya rapor bagus melawan Timnas Indonesia. Dalam dua laga, Thailand dibuat tak terkalahkan saat melawan Timnas Garuda.

Kedua pertemuan itu terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ketika itu, Timnas Merah Putih dibuat menyerah 0-3 dan imbang 2-2.

Adapun di level U-22, Akira Nishino punya rapor buruk. Ketika itu, Thailand U-22 dipaksa menyerah 0-2 dari Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2019.

Sumber: Thairath

Video Populer

Foto Populer