Sukses


3 Kemenangan Dahsyat Timnas Indonesia atas Malaysia: Pesta Gol Bersejarah, Ada yang Menyakitkan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia cukup sering berhadapan dengan Timnas Malaysia. Tim yang berasal dari negara tetangga itu bahkan menjadi rival abadi bagi Skuad Garuda.

Rivalitas keduanya tak pernah pudar. Meski keduanya juga punya rival lain. Misalnya Timnas Indonesia yang belakangan memiliki petarungan yang cukup sengit dengan Timnas Vietnam.

Sudah ada 97 pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia. Tim Merah-Putih sampai sekarang masih unggul dengan 40 kemenangan. Sementara Malaysia bangga dengan 36 kemenangan.

Pertemuan terakhir keduanya di ajang resmi terjadi pada babak grup Piala AFF 2020. Saat itu tim yang ditukangi Shin Tae-yong mampu meraih kemenangan 4-1.

Kemenangan besar itu bukan kemenangan besar pertama yang diraih Timnas Indonesia atas Malaysia. Bola.com memiliki catatan tiga kemenangan Tim Merah-Putih atas Harimau Malaya.

Simak ulasan khas kami di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 6-0 Timnas Malaysia (SEA Games 1999)

Kemenangan ini masih menjadi kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Timnas Malaysia. Saat itu SEA Games masih menggunakan aturan lama yakni setiap kontestan bisa menurunkan skuad senior.

Bambang Pamungkas dan Rochi Putiray menjadi bintang dalam laga yang digelar di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam ini. Keduanya sama-sama mencetak dua gol.

Sementara itu Ali Sunan dan Haryanto Prasetyo masing-masing mendapatkan kesempatan mencetak satu gol. Sayangnya, Timnas Indonesia hanya bisa membawa pulang medali perunggu dari ajang tersebut.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 6-1 Timnas Malaysia (King's Cup 1968)

Kemenangan dengan enam gol lain terjadi sudah sangat lama. Yakni pada semifinal King's Cup 1968 yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Striker legendaris Soetjipto Soentoro menjadi bintang utama pada laga itu. Sosok yang dijuluki Gareng itu mencetak tiga gol ke gawang Malaysia.

Jacob Sihasale mencetak dua gol. Sementara satu gol lagi diciptakan oleh Mulyadi melalui eksekusi tendangan penalti.

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 5-1 Timnas Malaysia (Piala AFF 2010)

Ini adalah kemenangan terbesar terbaru yang diraih Timnas Indonesia atas Timnas Malaysia. Garuda menggilas Harimau Malaya dengan skor 5-1 pada babak grup Piala AFF 2010.

Gol bunuh diri Asrarudin menjadi gol pembuka Timnas Indonesia pada laga ini. Christian Gonzales, Muhammad Ridwan, Arif Suyono, dan Irfan Bachdim masing-masing mencetak satu gol untuk melengkapi pesta di Gelora Bung Karno pada awal Desember 2010.

Sayangnya, performa itu gagal dipertahankan di babak final. Garuda kalah dengan agregat 2-4 di babak final dari Timnas Malaysia.

 

 

Video Populer

Foto Populer