Sukses


Tyronne Del Pino Gabung, Ini Harapan Beckham Putra untuk Persib

Bola.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha berharap kehadiran pemain asal Spanyol, Tyronne Gustavo del Pino Ramos bisa membawa aura positif.

Persib harus lebih kuat dari musim lalu demi mencapai target juara setelah pada musim 2022/2023 harus puas di peringkat ketiga.

"Datangnya pemain asal Spanyol tentunya akan menjadi kekuatan lebih untuk Persib di liga nanti. Dan semoga bisa lebih baik lagi," ujar Beckham Putra Nugraha, Rabu (31/5/2023) di Bandung.

Tyronne Del Pino merupakan rekrutan pelatih Persib Bandung, Luis Milla yang sama-sama dari Spanyol. "Mudah-mudahan pemain asing baru ini membuat Persib lebih baik dari musim lalu," kata Etam sapaan akrabnya.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Luis Milla

Seperti diungkapkan Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono perekrutan Tyronne Gustavo del Pino Ramos atas rekomendasi pelatih Luis Milla untuk menghadapi kompetisi musim depan.

Teddy Tjahjono mengaku membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengumumkan Tyronne Del Pino sebagai pemain anyarnya, hingga akhirnya resmi menjadi kekuatan baru Persib.

"Seebenarnya prosesnya cukup lama untuk mendatangkan dia karena proses pembicaraan itu setelah sarasehan PSSI di Surabaya," jelas Teddy Tjahjono.

3 dari 4 halaman

Perubahan Regulasi

Saat itu, lanjutnya, ada rencana untuk mengubah regulasi pemain asing di Liga 1 2023/2024. Semula 3+1 (tiga pemain asing dan satu pemain asia) menjadi 5+1 (lima pemain asing dan satu pemain asia)

"Saat ada perubahan regulasi pemain asing dari 3+1 menjadi 5+1, di situ kami mulai bergerak identifikasi pemain yang akan direkrut," ucap Teddy.

Bahkan Teddy mengaku saat itu sudah terjalin kesepakatan dengan Tyronne Gustavo del Pino Ramos. Namun, saat itu belum bisa diumumkan.

"Jadi saat itu sudah ada kesepakatan awal dengan Tyronne, dimana kesepakatan itu akan batal apabila regulasi 5+1 batal. Tapi karena regulasi itu akhirnya disahkan, saat itu terjadi proses pembuatan kontrak kerjanya," kata Teddy lagi.

4 dari 4 halaman

Playmaker

Tyronne del Pino merupakan playmaker yang lahir di Las Palmas, Spanyol. Ia sebelumnya memperkuat Nakhon Ratchasima di kompetisi tertinggi Thailand atau Thai League 1.

Saat itu Tyronne del Pino menjadi salah seorang pemain asing yang cukup berkontribusi dengan mengoleksi 7 gol dan 4 assist dari 27 penampilannya.

Karier profesionalnya dimulai setelah lulus dari akademi UD Las Palmas kemudian bermain di klub cadangan Las Palmas pada musim 2010/2011, tepatnya pada ajang Tercera Division, kasta keempat Liga Spanyol.

Ia pun mendapatkan kesempatan untuk promosi ke tim utama. Debutnya di ajang Segunda Division atau kasta kedua dicatatkan pada 11 Desember 2010 saat berjumpa Xeres CD.

Namun, selama memperkuat Las Palmas, ia sempat menjalani beberapa kali dipinjamkan yakni ke tim Barakaldo (2013), Huesca (2014-2016), hingga Tenerife (2017).

Pemain asing berusia 32 tahun itu pun sempat merasakan debut di ajang La Liga pada 28 Agustus 2016, yakni saat timnya berjumpa Granada CF dengan skor 1-5.

Setelah itu, Tyronne del Pino emutuskan untuk berpisah dengan Las Palmas dan bergabung dengan Tenerife. Kemudian memilih berkarier di Yunani bersama Lamia pada 2019-2022 hingga akhirnya ke Persib Bandung dengan durasi kontrak 1 tahun dan opsi perpanjangan 1 tahun.

Video Populer

Foto Populer